JURNAL: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa PGSD pada Masalah Open-ended

Oleh: Nelly Rhosyida, Trisniawati, Flora Grace Putrianti

Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa PGSD serta mendeskripsikan kelemahan mahasiswa dalam pembelajaran dengan masalah open-ended ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa PGSD Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode tes. Hasil penelitian menunjukkan pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa PGSD tergolong pada kategori tinggi dengan perolehan rata-rata skor KPM yaitu 51,76. Persentase mahasiswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah pada kategori tinggi adalah 94%, sementara 6% dari total mahasiswa berada pada kategori sedang. Tidak ada mahasiswa yang berada pada kategori rendah. persentase penguasaan mahasiswa pada tahapan memahami masalah 99,20%, merencanakan strategi 95,20%, menyelesaikan masalah 81,60%, dan memeriksa kembali yaitu 32,80%. Mahasiswa sudah mampu memahami permasalahan, merencanakan strategi, dan mengeksekusi strategi dalam menyelesaikan soal. Akan tetapi, mahasiswa belum terbiasa melakukan pemeriksaan ulang dan memberikan alternatif solusi terhadap hasil pekerjaannya.

1 komentar:

  1. In this manner my associate Wesley Virgin's report starts in this shocking and controversial VIDEO.

    You see, Wesley was in the military-and shortly after leaving-he found hidden, "self mind control" tactics that the government and others used to obtain everything they want.

    As it turns out, these are the EXACT same SECRETS tons of celebrities (especially those who "became famous out of nowhere") and the greatest business people used to become rich and successful.

    You probably know how you utilize only 10% of your brain.

    Mostly, that's because most of your brain's power is UNCONSCIOUS.

    Maybe that thought has even occurred INSIDE your very own brain... as it did in my good friend Wesley Virgin's brain 7 years back, while riding an unlicensed, trash bucket of a car with a suspended license and with $3 on his bank card.

    "I'm absolutely fed up with living paycheck to paycheck! When will I become successful?"

    You've taken part in those conversations, isn't it right?

    Your success story is going to happen. You just need to take a leap of faith in YOURSELF.

    Take Action Now!

    BalasHapus