Pendahuluan
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kecamatan Patuk Gunungkidul, sesuai namanya, berada di kabupaten
Gunungkidul tepatnya di Kecamatan Patuk. Sebagai wadah kegiatan anak-anak pra-sekolah, dalam kegiatan pembelajaran
hendaknya diisi dengan kegiatan yang
bervariatif. Anak-anak dikenalkan dengan kegiatan yang merangsang motorik dan
logikanya seperti bernyanyi, menari, menggambar, mewarnai, Berdasarkan wawancara dengan
ketua kelompok PAUD se-kecamatan Patuk Gunungkidul rata-rata di masing-masing
sekolah terdiri dari 2-3 guru. Kemudian jika ada guru yang ijin karena harus mengikuti kegiatan
pelatihan maka guru sering kewalahan membuat kegiatan pembelajaran untuk
mengkondisikan siswa yang relatif banyak sehingga perlu kegiatan pembelajaran
yang efektif dan efisien untuk menarik minat siswa PAUD. Salah satu alternatif
solusi permasalahan yang ada di PAUD se-kecamatan Patuk Gunungkidul adalah dengan
pengenalan metode Montessori sebagai dasar aktivitas belajar anak, Metode
Montessori ini adalah metode belajar yang sangat dekat dengan aktivitas anak di
rumah. Metode ini dapat diterapkan secara individu mau pun kelompok untuk
mengenalkan dan menanmkan kecintaan terhadap sains dan matematika peserta
didik.
Sasaran kegiatan
Guru PAUD se-kecamatan Patuk
Gunungkidul yang berjumlah 30 orang.
Metode Kegiatan
Metode Pendekatan yang akan dilakukan untuk
menyelesaikan program ini yaitu metode kerjasama (kooperatif). Kegiatan yang
akan dilakukan adalah penjelasan pengenalan
metode Montessori untuk anak PAUD di Kecamatan Patuk Gunungkidul. Seting dan metode kegiatan dilaksanakan pada Sabtu, 15 September 2018
di balai dusun Sumbertetes Kecamatan Patuk
Gunungkidul. Kegiatan dilakukan oleh Octavian Muning M, M.Pd., Shanta Rezkita, S.Si., M.Pd. dan Trisniawati, S.Si., M.Pd. serta dibantu
oleh mahasiswa.
Hasil Kegiatan
§ Judul Kegiatan: Pengenalan
metode Montessori untuk anak PAUD di Kecamatan Patuk Gunungkidul.
§ Waktu & Tempat Pelaksanaan: Sabtu, 15 September 2018 pukul 09.00-11.30
bertempat di balai dusun
Sumbertetes Kecamatan Patuk Gunungkidul.
§ Peserta: 30 guru PAUD
se-kecamatan Patuk Gunungkidul.
§ Tujuan kegiatan:
memberikan pengetahuan mengenai
pembelajaran Sains, Bahasa Indonesia, dan Matematika dengan metode Montessori
pada anak PAUD di kecamatan Patuk Gunungkidul.
§ Jadwal kegiatan rinci: kegiatan
pertama diawali dengan penjelasan
pembelajaran Sains dengan metode Montessori pada anak PAUD di kecamatan Patuk
Gunungkidul. Penjelasan diberikan meliputi belajar
zoologi, botani, sejarah dan budaya bangsa dengan tujuan utama tidak hanya
membuat anak mengerti melainkan menanamkan minat anak terhadap sains dan
budaya. Guru bersama orangtua harus memberi kesempatan pada anak untuk
berinteraksi dengan lingkungan budaya dan memperluas cakralawa kebudayaan
mereka, bukan hanya untuk kebutuhan perkembangan intelektual, tetapi juga perkembangan spiritual mereka. Kegiatan kedua yaitu penjelasan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan metode
Montessori pada anak PAUD di kecamatan Patuk Gunungkidul.
Penjelasan diberikan meliputi agar terampil berkomunikasi, agar anak mampu
bersosialisasi, dan meningkatkan minat anak pada buku. Kemudian dilanjutkan langkah dasar
pengembangan kosakata meliputi berbicaralah dengan jelas
kepada anak-anak (hindari berbicara seperti anak kecil); ajarkan nama-nama benda
dan orang dengan benar; acakan sesuatu kepada anak;
berikan buku-buku yang menarik untuk dilihat (gambar
merangsang imajinasi); bicaralah kepadanya; dengarkan anak ketika dia berbicara; biarkan anak mendengarkan rekaman; doronglah anak agar
berbicara dengan orang lain.
Kegiatan ketiga yang dilakukan yaitu penjelasan pembelajaran Matematika dengan metode
Montessori pada anak PAUD di kecamatan Patuk Gunungkidul.
Penjelasan diberikan meliputi tiga
periode pengenalan dalam matematika yaitu Periode 1: “ini adalah…” yaitu periode
pengenalan menggunakan “Ini adalah….”. Caranya, ambillah benda yang ingin
dikenalkan dan kenalkan “ini kecil”; Periode 2: “Perlihatkan padaku…” yaitu periode
asosiasi, mintalah anak untuk menunjukkan pada Anda mana yang terbesar,
terkecil, dan lain-lain; Periode 3: “mengingat kembali…” yaitu periode ini
ditunjukkan untuk mengingat kembali. Periode 3 diterapkan ketika anak sudah
paham benar dengan periode 1 dan 2. Sambil
menunjukkan ke benda tertentu, tanyakan “Apakah ini ?”. Kegiatan yang keempat yaitu
diskusi dan tanya jawab yaitu guru ingin ditunjukkan video percobaan sains yang
ada, kemudian guru menanyakan langkah-langkah percobaan dan apa saja alatnya. Siswa kelas III SD Negeri Kabregan sangat antusias dalam mengikuti
kegiatan dari awal hingga akhir.
§ Pencapaian hasil: guru mendapatkan pengetahuan mengenai pembelajaran Sains, Bahasa Indonesia,
dan Matematika dengan metode Montessori.
Evaluasi hasil kegiatan: pelaksanaan kegiatan ini berjalan tepat waktu sesuai dengan jadwal dan
rencana kegiatan. Dalam kegiatan ini guru sangat antusias mendengarkan penjelasan dan
menyimak pemaparan mengenai pembelajaran Sains, Bahasa Indonesia, dan
Matematika dengan metode Montessori.
Tingkat keberhasilan kegiatan ini 100% karena semua guru
antusias, paham dan
mengemukakan kegiatan pengenalan pembelajaran Sains, Bahasa Indonesia,
dan Matematika dengan metode Montessori bermafaat bagi guru. Hal ini dibuktikan
dari hasil angket yang diperoleh. Guru juga
antusias ketika diskusi dan tanya jawab yaitu lebih khusus pada
percobaan sains yang dapat dilaksanakan di kegiatan pembelajaran. Saran
yang dikemukakan oleh guru yaitu dilakukan tindak lanjut mengenai pembelajaran
dengan metode Montessori dengan praktek langsung dikelas.
Penutup
Berdasarkan pelaksanaan
kegiatan Pengenalan metode Montessori untuk anak PAUD di
Kecamatan Patuk Gunungkidul dapat
disimpulkan kegiatan berjalan lancar, sukses, dan bermanfaat. Guru sangat antusias mendengarkan penjelasan dan
menyimak pemaparan mengenai pembelajaran Sains, Bahasa Indonesia, dan
Matematika dengan metode Montessori. Guru juga sangat aktif ketika berdiskusi dan tanya jawab mengenai
percobaan sains yang bisa dilaksanakan di kelas. Diharapkan untuk lebih jauh guru dapat lebih termotivasi lagi dalam menerapkan metode Montessori baik dalam pembelajaran
Sains, Bahasa Indonesia, dan Matematika di kelas.
Dokumentasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar