PENGABDIAN MASYARAKAT: Optimalisasi Penulisan Karya Tulis Ilmiah pada Guru SD Negeri Jetis 2 Yogyakarta

Pendahuluan
Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Undang-undang Nomor14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan dan Peraturan Pemerintah Nomor 74 tahun 2008 tentang guru mengamanatkan bahwa guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, dan sertifikasi pendidik. Sehubungan dengan itu diterbitkannya Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) nomor 10 tahun 2009 tentang Sertifikasi bagi Guru dalam Jabatan. Keberadaan peraturan-peraturan di atas telah memberi peningkatan di pendidikan Indonesia. Dalam hal penghasilan/imbalan yang bagus itu harus diimbangi dengan kompetensi yang telah ditetapkan. 
Jalan utama untuk mensukseskan pendidikan adalah meningkatkan kualitas profesionalisme guru. Guru berperan sebagai sentral kemajuan mutu pendidikan yang dipercayakan. Guru yang profesional harus memiliki kecakapan atau kompetensi yang harus dipenuhi, yaitu kompetensi jati diri/ kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi pedagogik. Kemampuan profesional dapat dilaksanakan dengan optimalisasi penulisan karya tulis ilmiah pada jurnal ilmiah SD. Atas dasar kondisi inilah yang mendorong tim dosen PGSD FKIP UST untuk memfasilitasi kepada guru SD Negeri Jetis 2 mengadakan pelatihan penulisan karya ilmiah.  Hasil survei di lapangan tentang belum adanya akses untuk mengetahui penulisan artikel di Jurnal Ilmiah. Dalam hal ini tim dosen PGSD FKIP UST memfasilitasi guru SD Negeri Jetis 2 Yogyakarta untuk dapat menulis dan mengirimkan naskah artikel setelah selesai pelatihan ke Jurnal Taman Cendekia PGSD UST.

Kegiatan Inti
Kegiatan sosialisasi dilaksanakan pada bulan November setiap hari Jumat, pukul 13.00-16.00 diikuti 9 guru SD Negeri Jetis 2 Yogyakarta. 
Minggu 1: Pengenalan Jenis Karya Tulis Ilmiah
Minggu 2: Penulisan Karya Tulis Ilmiah yang Baik dan Benar
Minggu 3: Penulisan Karya Tulis Ilmiah pada Jurnal Ilmiah SD
Minggu 4: Workshop Karya Tulis Ilmiah dari Guru SD Negeri Jetis 2 Yogyakarta
Berikut ini pelaksanaan kegiatan Penulisan Karya Tulis Ilmiah pada Guru SD Negeri Jetis 2 Yogyakarta:






Penutup
Guru sangat antusias dalam mengikuti kegiatan Penulisan Karya Tulis Ilmiah pada Guru SD Negeri Jetis 2 Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dengan sebagian besar guru yang membuat artikel pada jurnal ilmiah dan sangat terbantu dalam memasukkan artikel di jurnal.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar