PERMASALAHAN I:
Ibu
Ami, guru bahasa Inggris di SD dan mengajar di kelas III, mula-mula menjadi
risau karena hanya 5 dari 28 orang siswa yang mau menjawab dengan bahasa
Inggris jika guru mengajukan pertanyaan. Siswa lain selalu diam kalau ditanya
atau berpura-pura tidak mendengar pertanyaan guru. Ibu Ami sering kesal dan
melanjutkan pembelajaran tanpa menghiraukan anak-anak yang tidak mau menjawab
tersebut. Jika tidak ada yang menjawab, Ibu Ami biasanya meneruskan
pembelajaran dengan meminta siswa membaca materi yang ada dalam buku
pembelajaran, kemudian menjawab pertanyaan yang ada di buku secara tertulis.
Jawaban siswa diperiksa bersama-sama, sambil sesekali memberi perhatian pada grammer, jika ada siswa yang salah
menuliskan jawabannya. Dengan cara ini, Ibu Ami pun melupakan kerisauannya.
Keadaan ini berlangsung sepanjang semester tanpa ada upaya perbaikan. Hasil tes
bahasa Inggris siswa sedang-sedang saja karena tes hanya pemahaman bacaan dan
grammer. Namun, ketika ada tamu asing yang kebetulan berkunjung ke SD masuk ke
kelas III, tidak seorangpun dari siswa berani menjawab pertanyaan tamu asing
tersebut, apalagi bertanya. Hal ini menyebabkan Ibu Ami di panggil oleh Kepala
Sekolah, dan diminta untuk berupaya agar siswa mampu berbahasa Inggris,
meskipun yang paling sederhana. Kejadian ini membuat kerisauan yang dulu pernah
muncul, dirasakan kembali oleh Ibu Ami.
Berikan pendapatmu pada kolom komentar dengan menyebutkan NAMA/NIM/KELAS.
Nama : Anfa Syuranti
BalasHapusNIM : 2015015098
Kelas : 6 C
Identifikasi masalah :
1. Kurangnya partisipasi siswa dalam menjawab pertanyaan yang diberikan guru di pelajaran Bahasa Inggris
2. Kurangnya kemampuan siswa dalam berbahasa inggris.
3. Kurangnya inovasi guru dalam menggunakan model pembelajaran saat mengajar dikelas.
Fokus Masaalah : Bagaimana meningkatkan partisipasi siswa dalam pelajaran bahasa inggris di kelas III ?
Rumusan masalah :
Apakah penggunaan model pembelajaran Role Playing pada pembelajaran bahasa inggris dapat meningkatkan partisipasi siswa kelas III SD Negeri Tahun Pelajaran 2017/2018?
Judul Penelitian :
Penggunaan Model pembelajaran role playing pada pelajaran bahasa inggris untuk meningkatkan partisipasi siswa kelas III SD Negeri Tahun Pelajaran 2017/2018
Variabel Penelitian :
Variabel Bebas : Model Pembelajaran Role playing
Variabel Terikat : Partisipasi siswa
ANALISIS IDENTIFIKASI :
BalasHapus1. Pelaksanaan pembelajaran bahasa inggris di kelas 3 Sekolah Dasar belum berjalan dengan optimal.
2. Sebagian besar siswa pasif dalam melakukan tanya jawab dengan guru pada saat pembelajaran berlangsung.
3. Guru menyepelekan siswa yang tidak aktif dalam pembelajaran.
4. Dalam membantu siswa, guru hanya menekankan pada grammer dalam pelajaran bahasa inggris.
5. kurangnya pemahaman guru dalam menekankan Model Pembelajaran.
6. Nilai yang didapat siswa dalam pelajaran bahasa inggris hanya sedang atau sesuai kkm.
7. Pemahaman siswa dalam pembelajaran bahasa inggris hanya sampai pada pemahaman bacaan dan grammer.
8. Kurangnya pengetahuan dalam berbahasa inggris menyebabkan siswa tidak bisa melakukan komunikasi, baik dalam bertanya atau menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh tamu asing.
FOKUS MASALAH :
Berdasarkan identifikasi masalah diatas, fokus penelitian yaitu upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui keterampilan berbahasa dengan teknik Number Head Together dalam pelajaran bahasa inggris pada siswa kelas III di Sekolah Dasar Tahun Pelajaran 2017/2018.
RUMUSAN MASALAH :
1. Bagaimana cara meningkatkan hasil belajar siswa melalui keterampilan berbahasa dengan teknik Number Head Together dalam pelajaran bahasa inggris pada siswa kelas III di Sekolah Dasar Tahun Pelajaran 2017/2018?
2. Problematika apa saja yang ditemukan guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa melalui keterampilan berbahasa dengan teknik Number Head Together dalam pelajaran bahasa inggris pada siswa kelas III di Sekolah Dasar Tahun Pelajaran 2017/2018?
3. Bagaimana kendala dan upaya yang dilakukan guru dalam melaksanakan peningkatan hasil belajar siswa melalui keterampilan berbahasa dengan teknik Number Head Together dalam pelajaran bahasa inggris pada siswa kelas III di Sekolah Dasar Tahun Pelajaran 2017/2018?
JUDUL PENELITIAN :
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Keterampilan Berbahasa dengan Teknik Number Head Together dalam Pelajaran Bahasa Inggris pada Siswa Kelas III di Sekolah Dasar Tahun Pelajaran 2017/2018.
VARIABEL-VARIABEL PENELITIAN :
1. Variabel Bebas : Teknik Number Head Together
2. Variabel Terikat : Hasil Belajar Siswa Melalui Keterampilan
Berbahasa
Nama : IIS NAENI
BalasHapusNIM : 2015015110
Kelas : 6C
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusNama : Nida isro'ah
BalasHapusNim : 2015015094
Kelas : 6C
A. Identifikasi Masalah
1. Siswa merasa kurang percaya diri dalam mengungkapkan pendapatnya dimuka umum
2. Guru cenderung menyampaikan pembelajaran secara konvensiaonal
3. Metode yang digunakan guru dalam pembelajaran bahasa inggris kurang bervariatif sehingga siswa merasa bosan
4. Siswa mengalami kesukaran pada saat mengutarakan pendapat ataupun menjawab pertanyaan
5. Siwa cenderung malas dan takut salah dalam menjawab pertanyaan sehingga siswa lebih memilih diam saat guru mengajukan pertanyaan
6. Motivasi siswa masih rendah sehingga siswa belum aktif dalam pembelajaran
7. Nilai yang diperoleh siswa kurang memuaskan
B. Fokus Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang masalah dan identifikasi masalah diatas, maka fokus masalah tersebut yaitu keterampilan dalam mengemukakan pendapat di kelas III SD Negeri X masih kurang
C. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka dapat dirumuskan suatu permasalahan sebagai berikut "Bagaimana meningkatkan keterampilan mengungkapkan pendapat pada pembelajaran bahasa inggris melalui model pembelajaran talking stik bagi siswa kelas III SD Negeri X ?
D. Judul Penelitian
"Bagaimana meningkatkan keterampilan mengungkapkan pendapat pada pembelajaran bahasa inggris melalui model pembelajaran talking stik bagi siswa kelas III SD Negeri X
E. Variable Penelitian
Variabel bebas : Model pembelajaran talking stik
Variabel terikat : keterampilan mengemukakan pendapat
NAMA : FITRIANA AL SABAAH
BalasHapusNIM : 2015015109
KELAS : 6C
Analisis Identifikasi
1. kurangnya inovasi guru dalam mengembangkan model dan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dikelas
2. Rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran bahasa inggris, sehingga dalam proses pembelajaran siswa cenderung pasif dan tidak aktiv
3. masih rendahnya keterampilan berbicara siswa menggunakan bahasa inggris
Fokus Permasalahan
Berdasarkan identifikasi masalah diatas, fokus penelitian yaitu meningkatkan minat belajar dan keterampilan berbicara (speaking) siswa melalui penggunaan media pembelajaran flash card dalam mata pelajaran bahasa inggris pada siswa kelas III di Sekolah Dasar Tahun Pelajaran 2017/2018.
Rumusan Masalah
Bagaimana cara meningkatkan minat belajar dan keterampilan berbicara (speaking) siswa melalui penggunaan media pembelajaran flash card dalam mata pelajaran bahasa inggris siswa kelas III SD Negeri Tahun pelajaran 2017/2018 ?
Judul Penelitian
"Penggunaan media pembelajaran flash card dalam mata pelajaran bahasa inggris untuk meningkatkan minat belajar dan keterampilan berbicara (speaking) pada siswa kelas III Sd Negeri Tahun pelajaran 2017/2018"
Variabel Penelitian
1. variabel bebas : media pembelajaran flash card
2. variabel terkait : minat belajar dan keterampilan berbicara (speaking) siswa
Nama : Nurul Fitriyani
BalasHapusNIM : 2015015170
Kelas: 6D
1. Identifikasi masalah:
a. Kurangnya keaktifan/partisipasi siswa menjawab pertanyaan dari guru dalam pembelajaran Bahasa Inggris
b. Kurangnya hasil tes bahasa Inggris siswa karena tes yang diberikan guru hanya pemahaman bacaan dan grammer.
c. Siswa tidak mampu berbahasa Inggris.
d. Guru dalam pengajaran bahasa Inggris kurang bervariasi
2. Fokus masalah: Bagaimana meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pelajaran Bahasa Inggris di SD kelas III ?
3. Rumusan Masalah
a. Apakah penggunaan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw pada pembelajaran Bahasa Inggris dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas III di SD Negeri X Tahun Ajaran 2017/2018?
b. Bagaimana implementasi model pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Bahasa Inggris pada siswa kelas III di SD Negeri X Tahun Ajaran 2017/2018?
4. Judul penelitian:
Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Melalui Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas III di SD Negeri X Tahun Ajaran 2017/2018
5. Variabel-variabel penelitian pada permasalahan
a. Variabel Terikat (permasalahan utama) : keaktifan dan hasil belajar
b. Variabel Bebas (solusi) : model Cooperative Learning tipe Jigsaw
c. Variable control: mata pelajaran Bahasa Inggris kelas III SD Negeri X
analisis :
BalasHapus1.siswa dalam melakukan tanya jawab dengan guru kurang aktif pada saat pembelajaran berlangsung.
2.guru membiarkan siswa yang tidak aktif dalam proses pembelajaran.
4.guru hanya menekankan siswa pada grammer dalam pelajaran bahasa inggris.
5.guru kurang paham dalam mengajarkan siswa si kelas
6.guru belum mengerti tentang pembelajaran bahasa inggris sehingga siswa tidak mampu menjawab pertanyaan dari orang asing
fokus :
upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui keterampilan membaca dan berbicara dalam pelajaran bahasa inggris pada siswa kelas III di Sekolah Dasar Tahun Pelajaran 2017/2018.
rumusan :
1. Bagaimana cara meningkatkan hasil belajar siswa melalui keterampilan membaca dan berbicara dalam pelajaran bahasa inggris pada siswa kelas III di Sekolah Dasar Tahun Pelajaran 2017/2018?
2. Masalah yang ditemukan guru untuk meningkatkan keterampilan membaca dan berbicara dalam pelajaran bahasa inggris pada siswa kelas III di Sekolah Dasar Tahun Pelajaran 2017/2018?
Judul :
Upaya untuk Meningkatkan Keaktifan siswa dan Hasil Belajar siswa melalui Keterampilan Membaca dan Berbicara dalam Pelajaran Bahasa Inggris
Variabel :
1. Variabel Bebas : keaktifan dalam pembelajaran
2. Variabel Terikat : pembelajaran dengan tipe talking stick
Nama : mufti h.r
Kelas : 6c
Nim : 2015015095
Nama : Dwita Umiyati
BalasHapusNIM : 2015015091
Kelas : 6C
Identifikasi Masalah
1. kurangnya minat siswa untuk pelajaran bahasa inggris
2. kurangnya perhatian guru untuk siswa yang kurang belajar bahsa inggris
3. kurangnya kreativitas guru dalam mengajarkan bahasa inggris pada siswa
Fokus Masalah : Untuk Meningkatkan minat belajar siswa dalam pelajaran bahasa inggris untuk siswa kelas III SD
Rumusan Masalah:
apakah dengan penggunaan conversation method (metode percakapan)
untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pelajaran bahasa inggris kelas III SD Tahun Ajaran 2017/2018?
judul Penelitian:
meningkatkan minat belajar siswa dengan menggunakan metode percakapan pelajaran bahasa inggris Untuk Siswa Kelas III SD Negeri Tahun Ajaran 2017/2018
Variabel Penelitian:
Variabel Bebas: metode percakapan
Variabel terikat: minat belajar siswa
Nama: Rosilia Brigita
BalasHapusKelas: 6C
Nim: 2015015097
A.Identifikasi Masalah
1. Siswa kurang berpartisipasi dalam menjawab pertanyaan.
2. Guru tidak menggunakan model pembelajaran yang menyenangkan.
3. Siswa cenderung pasif dan guru yang lebih aktif.
4. Kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran bahasa inggris, sehingga siswa tidak berani untuk menjawab pertanyaan guru.
B. Fokus Masalah
Bagaimana mengembangkan minat siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris di Kelas III Sekolah Dasar
C. Rumusan Masalah
Apakah penggunaan model pembelajaran Think Pair Share pada pembelajaran Bahasa Inggris dapar mengembangkan minat siswa kelas III Sekolah Dasar?
D. Judul Penelitian
Mengembangkan minat siswa dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair share pada kelas III Sekolah Dasar
E. Variabel Penelitian
1. Variabel Bebas : Model pembelajaran Think Pair Share
2. Variabel Terikat : Mengembangkan minta belajar siswa
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusNama : Rosalia Brigita
BalasHapusKelas : 6C
Nim : 2015015096
A. Identifikasi Masalah
1. Kurangnya minat siswa dalam mengajukan pertanyaan dalam pembelajaran bahasa inggris.
2 Kurangnya minat siswa dalam menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.
3. Guru kurang menerapkan model pembelajaran sehingga membuat siswa kurang aktif dalam bertanya.
4. Guru hanya terpaku pada buku pelajaran.
5. Guru kurang memotivasi siswa dalam pelajaran.
B. Fokus Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah dan identifikasi masalah diatas, maka fokus masalah adalah bagaiman meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pelajaran bahasa inggris dikelas III?
C. Rumusan Masalah
Apakah penggunaan model pembelajaran Number Head Together dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pelajaran bahasa inggris dikelas III?
D. Judul Penelitian
Bagaimana meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pelajaran bahasa inggris melali model pembelajaran Number Head Together bagi siswa kelas III disekolah dasar?
E. Variabel Penelitian
Variabel bebas : Model pembelajaran number head together
Variabel terikat : motivasi belajar siswa.
Nama: Ika Kusuma .W
BalasHapusNim : 2015015140
Kelas: 6D
A.Identifikasi masalah
1. Kurangnya minat belajar siswa dalam pembelqjaran B. Inggris
2. Guru dalam pembelajaran B. Inggris kurang berinovasidalam penggunaan media model/ metode
3. Dalam pembelajaran Guru kurang memperhatikan siswanya sehingga hasil belajarnya sedang-sedang saja
B. Fokus masalah
Bagaimana memningkatkan minat belajar B. Inggris siswa sehingga hasil belajarnya meningkat.
C. Rumusan masalah
Apakah dengan penggunaan metode Bilndfold Games dapat meningkatkan minat dan hasil belajar B. Inggris pada siswa kelas III SD N X Tahun Ajaran 2017/2018
D. Judul
Upaya meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dengan metode Blindfold Games pada mata pelajaran Bahqsa Inggris kelas III SD N X Th Ajaran 2017/2018
E. Variabel penelitian
V. Bebas= metode Bilindfold Games
V. Terikat= minat dan hasil belajar
Nama: Ika Kusuma .W
BalasHapusNim : 2015015140
Kelas: 6D
A.Identifikasi masalah
1. Kurangnya minat belajar siswa dalam pembelqjaran B. Inggris
2. Guru dalam pembelajaran B. Inggris kurang berinovasidalam penggunaan media model/ metode
3. Dalam pembelajaran Guru kurang memperhatikan siswanya sehingga hasil belajarnya sedang-sedang saja
B. Fokus masalah
Bagaimana memningkatkan minat belajar B. Inggris siswa sehingga hasil belajarnya meningkat.
C. Rumusan masalah
Apakah dengan penggunaan metode Bilndfold Games dapat meningkatkan minat dan hasil belajar B. Inggris pada siswa kelas III SD N X Tahun Ajaran 2017/2018
D. Judul
Upaya meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dengan metode Blindfold Games pada mata pelajaran Bahqsa Inggris kelas III SD N X Th Ajaran 2017/2018
E. Variabel penelitian
V. Bebas= metode Bilindfold Games
V. Terikat= minat dan hasil belajar
Nur Huda A / 2015015162 / 6D
BalasHapusA. Identifikasi Masalah
- Apa yang menjadi anda(guru) dapat dipanggil kepsek?
- mengapa siswa anda kurang berminat di materi yang anda bahas?
- Menurut anda, apa yang dapat anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut?
B. Judul Penelitian
"Penerapan Metode CTL dalam pembelajaran Bahasa Inggris kelas III guna meningkatkan minat belajar siswa SD N 2 Wojo"
C. Fokus Masalah
Kurang Minatnya siswa terhadap materi yang disampaikan guru dan tetap melanjutkan pembelajaran tanpa menghiraukan keadaan kelasnya.
D. Rumusan Masalah
Apakah Metode CTL dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris kelas III.
E. Variabel
Bebas = Metode CTL
Terikat = Meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris kelas III
nama : Kurnia Tri Laksana Putri
BalasHapusNIM : 2015015116
Kelas : 6C
1.Indentifikasi Masalah :
a.Nilai kurang bagus
b.Siswa kurang menguasai materi grammer
2.Fokus masalah : Siswa kurang menguasai materi grammer pada
pelajaran bahasa inggris
3. Rumusan Masalah : Mengapa siswa kurang menguasai materi
grammer pada bahasa inggris ?
4.Judul : Upaya guru untuk meningkatkan penguasaan materi
grammer pada mata pelajaran bahasa inggris melalui
metode role playing kelas 3
5.Variabel Bebas : Model pembelajaran role playing
6.Variabel terikat :Parsitisipasi siswa
NAMA : TRI KUSHARYANTO
BalasHapusNIM : 2015015117
KELAS : 6C
A. IDENTIFIKASI MASALAH
1. Banyak siswa yang tidak bersedia menjawab dengan Bahasa
Inggris jika guru mengajukan pertanyaan.
2. Pembelajaran hanya sekadar mengerjakan soal di buku secara
tertulis kemudian diperiksa bersama.
3. Hasil belajar siswa rendah, karena tes hanya pemahaman
bacaan dan grammar.
B. FOKUS MASALAH
"Bagaimana meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa
pada mata pelajaran Bahasa Inggris."
C. RUMUSAN MASALAH
" Apakah model pembelajaran kooperatif tipe Thing-Pair-Share
(TPS) dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa
kelas III SD Tahun Pelajaran 2017/2018? "
D. JUDUL PENELITIAN
" Upaya Meningkatkan Partisipasi dan Hasil Belajar dalam Mata
Pelajaran Bahasa Inggris materi Grammar dan Speaking Menggunakan
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) pada
siswa Kelas III SD Tahun Pelajaran 2017/2018"
E. VARIABEL PENELITIAN
1. Variabel Bebas : Model Pembelajaran Cooperatif tipe TPS
2. Variabel Terikat : Partisipasi dan Hasil Belajar Siswa
Nama : Ade Irma Ratnaningsih
BalasHapusNIM : 2015015127
Kelas : 6C
Identifikasi masalah :
1. Siswa kurang termotivasi dengan pembelajaran bahasa Inggris di sekolah.
2. Guru belum menguasai metode pembelajaran yang inovatif khususnya dalam pembelajaran bahasa Inggris.
3. Ketidakmampuan siswa dalam mengaplikasikan pembelajaran bahasa inggris dalam kehidupan sehari-hari.
Fokus :
Berdasarkan uraian latar belakang dan identifikasi masalah, maka fokus masalah penelitian adalah Implementasi pembelajaran bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari baik lisan maupun tulisan.
Rumusan masalah :
Apakah penggunaan model pembelajaran Think Pair and Share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan implementasi pembelajaran bahasa inggris dalam komunikasi baik secara lisan maupun tulisan pada siswa kelas III SD Negeri Tahun Ajaran 2018/2019?
Judul penelitian :
Pengaruh model Think Pair and Share (TPS) pada pembelajaran Bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan implementasi pembelajaran bahasa inggris dalam komunikasi baik secara lisan maupun tulisan pada siswa kelas III SD Negeri Tahun Ajaran 2018/2019.
Variabel penelitian :
Variabel bebas : model Think Pair and Share (TPS)
variabel terikat : kemampuan implementasi pembelajaran bahasa inggris dalam komunikasi baik secara lisan maupun tulisan
NAMA : ARDI DWI LAKSONO
BalasHapusNIM : 2015015121
KELAS : 6C
A.Identifikasi Masalah
1.Kurangnya minat siswa dalam pelajaran bahasa inggris dan
siswa terlalu pasif ketika pelajaran bahasa inggris.
2.Kurangnya inovasi guru dalam mengajar siswa karena guru hanya
menyuruh siswa mengerjakan soal di buku dan kemudian diperiksa
bersama.
3.Tidak adanya upaya yang serius dalam perbaikan pembelajaran
oleh guru sehinggan menyebabkan nilai siswa rendah.
B. Fokus Masalah
Upaya meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa dalam
mata pelajaran Bahasa Inggris di kelas 3.
C. Rumusan Masalah
Apakah penggunaan model pembelajaran jigsaw pada pembelajaran
bahasa inggris dapat meningkatkan partisipasi siswa kelas III SD
Negeri Tahun Pelajaran 2017/2018?
D. Judul Penelitian
Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa dengan
Menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw pada Pelajaran Bahasa
Inggris Kelas III SD Negeri Tahun Pelajaran 2017/2018.
E. Variabel Penelitian
1. Variabel Bebas : Model Pembelajaran Jigsaw
2. Variabel Terikat : Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa
Nama : Ully Salamah H
BalasHapusNim : 2015015156
Kelas : 6D
Identifikasi masalah
1. Kurangnya minta belajar siswa pada mata pelajaran bahasa inggris.
2. Guru kurang bervariasi dalam menyampaikan pembelajaran.
3. Hasil belajar siswa saat tes sedang, di karenakan pembelajaran hanya di tekankan pada grammer saja
Fokus Masalah
Bagaimana meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa inggris kelas III Sekolah Dasar.
Rumusan Masalah
Apakah penggunaan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Think Pair Share pada pembelajaran bahasa Inggris dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas III di Sekolah Dasar?
Judul Penelitian
Upaya meningkatkan minat dan hasil belajar siswa melalui model Cooperative Learning tipe Think Pair Share pada pembelajaran bahasa Inggris kelas III Sekolah Dasar?
Variabel
1. Variabel terikat : minat dan hasil belajar siswa.
2. Variabel bebas : model Cooperative Learning tipe Think Pair Share
NAMA : Helvia Widiana
BalasHapusNIM : 2015015139
KELAS : 6D
A. Identifikasi masalah :
1. Siswa kurang memahami pembelajaran Bahasa Inggris
2. Kurangnya minat belaajar dan partisipasi siswa dalam mata pelajaran Bahasa Inggris
3. Metode yang digunakan guru kurang bervariasi
4. Hasil tes siswa tidak memuaskan, karena guru hanya menekankan pemahaman bacaan dan grammer pada mata pelajaran Bahasa Inggris
B. Fokus Masalah
Bagaimana meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Inggris kelas III di SD -
C. Rumusan Masalah
apakah penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe role playing pada mata pelajaran Bahasa Inggris dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas III SD - Tahun ajaran 2017/2018
D. Judul Penelitian
Upaya meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran cooperative learning tipe role playing pada pembelajaran Bahasa Inggris Kelas III SD - Tahun ajaran 2017/2018
E. Variabel Penelitian
1. Variabel Terikat : Keaktifan dan hasil belajar
2. Variabel Bebas : Model pembelajaran cooperative learning tipe role playing
NAMA : Novita Hariza
BalasHapusNIM : 2015015171
KELAS : 6D
A.Identifikasi Masalah
1.Banyaknya siswa yang tidak mengerti Bahasa Inggris serta kurangnya minat belajar siswa.
2.Siswa tidak aktif/diam ketika proses belajar mengajar berlangsung, walau pun guru mengajukan pertanyaan, seolah-olah siswa pura-pura tidak mendengar.
3.Guru membiarkan siswa yang diam/ kurang kreatifnya seorang guru dalam mengajar.
4.Tidak adanya, usaha yang dilakukan guru dalam perubahan pembelajaran.
B.Fokus Masalah
Bagaimana meningkatkan minat belajar Bahasa Inggris siswa sehingga pembelajaran menjadi lebih aktif serta meninggkatnya hasil belajar siswa.
C.Rumusan masalah
Apakah dengan penggunaan medel belajar demontrasi dapat meningkatkan minat dan hasil belajar Bahasa Inggris pada siswa kelas III SD N X Tahun Ajaran 2017/2018.
D.Judul penelitian
“Penerapan Model Belajar Demontrasi Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas III guna meningkatkan minat dan hasil belajar siswa SD N X”
E.Variabel-variabel penelitian
Variabel bebas : Model belajar demontrasi
Variabel Terikat : Meningkatkan minat dan hasil belajar siswa.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus
BalasHapusNama : Meydina Nur Fitriani
NIM : 2015015115
Kelas : 6C
A. Identifikasi masalah :
1. Siswa kurang minat pada mata pelajaran Bahasa Inggris
2. Siswa kurang aktif dalam mengajukan pertanyaan ataupun pendapat pada mata pelajaran Bahasa Inggris
3. Guru kurang menerapkan model pembelajaran yang menarik dan menyenangkan kepada siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris
4. Kurangnya keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris
B. Fokus masalah :
Berdasarkan uraian latar belakang dan identifikasi masalah, maka fokus masalah penelitian yaitu upaya meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris
C. Rumusan masalah :
Apakah dengan model pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris kelas III SD Negeri Tahun Ajaran 2017/2018?
D. Judul penelitian :
Penerapan model pembelajaran Role Playing pada mata pelajaran Bahasa Inggris kelas III untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa SD Negeri Tahun Ajaran 2017/2018
E. Variabel penelitian :
Variabel bebas : Model Pembelajaran Role Playing
Variabel terikat : Keterampilan berbicara siswa
Nama: Harmi Oktavia
BalasHapusNim :2015015134
Kelas:6C
A. Identifikasimasalah :
1.Kurangnyapemahamansiswadalamberbahasainggris
2.Kurangnyakeaktifanparasiswadalammenjawabpertanyaan yang diberikanoleh guru bahasaingrris.
3.Guru sering kesal dan melanjutkan pembelajaran tanpa menghiraukan siswa yang belummengerti.
4.Guru tidak berupaya untuk memperbaiki nilai siswa.
B. FokusMasalah :Bagaimanacarameningkatkanpemahamansiswadalambelajarbahasainggrispadasiswakelas III ?
C. RumusMasalah :
Apakahdenganmenggunakan model pembelajaranMake A Match dapatmeningkatkanpemahamanbelajarbahasainggrispadasiswakelas III SD Negeritahunajaran 2017/2018.
D. JudulPenelitian :
Penggunaan model pembelajaran Make A Match padapembelajaranbahasainggrisdapatmeningkatkanpemahamansiswakelas III SD Negeritahunajaran 2017/2018.
E. Variable penelitian :
Variabelbebas : Model pembelajaran Make A Match
Variabelterkait :Meningkatkanpemahamanbelajarsiswa pada pelajaran bahasa inggris.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusIrhas Anggita
BalasHapus2015015129
6C
A. Identifikasi Masalah
1. Kurangnya keterampilan berbicara (Speaking) siswa dalam mata pelajaran bahasa Inggris
2. Kurangnya partisipasi atau keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan
3. Kurangnya minat belajar siswa dalam mata pelajaran bhs inggris
4. Guru masih menggunakan metode konvensional dan pembelajaran masih berpusat pada guru
5. Guru tidak menerapkan model pembelajaran yang menarik dalam proses pembelajaran bahasa inggris
B. Fokus Masalah
Upaya meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris di kelas III
C. Rumusan Masalah
Apakah penggunaan model pembelajaran Think Pair and Share dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa dalam mata pelajaran bahasa Inggris?
D. Judul Penelitian
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair and Share pada Pembelajaran Bahasa Inggris di Kelas III SDN x Tahun Pelajaran 2017/2018
Variabel Bebas : Model Pembelajaran Think Pair and Share
Variabel Terikat : Hasil Belajar dan Keaktifan
Nama : Linda Rusmita
BalasHapusNim : 2015015100
A. Identifikasi masalah:
1. kurangnya pemahaman siswa dalam bahasa inggiris
2. Guru membiarkan siswa yang tidak aktif dalam berbahasa inggris
3. Guru dalam pengajaran bahasa Inggris kurang bervariasi
4. Siwa takut salah dalam menjawab pertanyaan sehingga siswa lebih memilih diam saat guru mengajukan pertanyaan
B. Fokus Masalah
Meningkatkan hasil belajar siswa melalui keterampilan dalam pembelajaran bahasa inggris
C. Rumus Masalah
Bagaimana penggunaan model pembelajaran cooperative learning pada pembelajaran Bahasa inggris dapat meningkat keatifan siswa kelas III di SD Negeri X Tahun Ajaran 2017/2018
D. Judul Penelitian
Upaya untuk meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa memulai keterampilan berbahasa dengan teknik number head Together dalam pembelajaran bahasa inggris pada siswa kelas III di sekolah dasar
E. Variabel Penelitian
1. Variabel bebas : Model pembelajaran cooperative learning
2. Variabel terikat : Mengembangkan minat belajar siswa
Nama:Nurhikmah
BalasHapusNIM :2015015155
Kelas : 6D
A. Identifikasih maslah
1. Kurangnya minat siswa dalam belajar bahasa inggris
2. Motivasi siswa dalam mempelajari bahasa inggris masih kurang.
3. Tidak adanya partisipasi siswa dalam mengikuti pelajaran bahasa inggris
4. Respon siswa terhadap pembelajaran bahasa inggris kurang bagus.
5. Guru menyepelekan/tidak memperdulikan respon siswa terhadap materi yang diajarkan.
6. Teknik atau metode yang digunakan guru dalam pembelajaran bahasa inggris kurang tepat.
7. Hasil tes bahasa inggris siswa kurang memuaskan.
B. Fokus masalah
Berdasarkan identifikasih masalah diatas, fokus masalah atau penelitian yakni: Bagaimana meningkatkan minat/motivasi dan hasil belajar siswa dalam pelajaran bahasa inggris untuk kelas III di SD Negeri X?
C. Rumusan masalah
1. Apakah penggunanaan model pembelajaran cooperative learning tipe bercerita berpasangan bisa meningkatkan minat/motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa inggris untuk kelas III SD Negeri X?
2. Bagaimana penggunanaan model pembelajaran cooperative learning tipe bercerita berpasangan bisa meningkatkan minat/motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa inggris untuk kelas III SD Negeri X?
D. Judul penelitian
Upaya untuk meningkatkan minat/motivasi dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran cooperative learning tipe bercerita berpasangan pada pembelajaran bahasa inggris untuk kelas III SD Negeri X Tahun Ajaran 2017/2018?
E. Variabel – variabel penelitian pada permasalahan
1. Variabel bebas : Minat/motivasi dan hasil belajar
2. Variabel terikat : Model pembelajaran cooperative learning tipe bercerita berpasangan
3. Variabel control : Pembelajaran bahasa inggris untuk kelas III SD Negri X
Nama : Annisa Lola Apriyani. S
BalasHapuskelas :6D
Nim : 2015015148
A. Identifikasi masalah
1.siswa kurang memahami pembelajaran bahasa Inggris sehingga tidak ada minat .
2. Guru kurang memahami karakteristik peserta didiknya sehingga guru tidak dapat berinovasi dalam pembelajaran bahasa Inggris.
3. kurangnya interaksi aktif antara guru dan peserta didik dalam penggunaan bahasa Inggris pada saat pembelajaran bahasa inggris.
B. Fokus masalah
Upaya meningkatkan pemahaman dan cara penggunaan bahasa inggris sederhana,agar terjalin interaksi aktif antara guru dan peserta didik dalam pembelajaran bahasa Inggris pada siswa SD kelas III.
C. Rumusan masalah
Apakah model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan pemahaman dan cara penggunaan bahasa inggris sederhana agar terjalin interaksi aktif antara guru dan peserta didik dalam pembelajaran bahasa inggris pada siswa SD kelas III?
D. Judul
Penggunaan model pembelajaran jigsaw dalam upaya meningkatkan pemahaman dan cara penggunaan bahasa inggris sederhana agar terjalin interaksi aktif antara guru dan peserta didik dalam pembelajaran bahasa inggris pada siswa SD kelas III.
E. Variabel penelitian:
1.Variabel bebas : model pembelajaran jigsaw
2. Variabel terikat : meningkatkan pemahaman dan cara penggunaan bahasa inggris sederhana
Nama : Rahmad sigit p
BalasHapusNim : 2015015128
Kelas : 6C
Identifikasi masalah
1. Siswa tidak tertarik belajar pada mata pelajaran bahasa inggris.
2.Inovasi dan pemberian konsep dari Guru kurang bervariasi dalam menyampaikan pembelajaran sehingga siswa kurang bersemangat
3. Hasil dari evaluasi pembelajaran masih kurang baik karena siswa kurang memahami grammer
Fokus Masalah
Bagaimana membuat siswa tertarik dan bergembira belajar bahasa inggris dengan menyenangkan sehingga pemahaman dapat dicapai
Rumusan Masalah
Apakah menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Think Pair Share pada pembelajaran bahasa Inggris dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas III di Sekolah Dasar?
Judul Penelitian
Membuat suasana belajar mengajar menyenangkan melalui model Cooperative Learning tipe Think Pair Share pada pembelajaran bahasa Inggris kelas III Sekolah Dasar?
Variabel
1. Variabel terikat : pembelajaran yang menyenangkan untuk hasil yang baik
2. Variabel bebas : model Cooperative Learning tipe Think Pair Share
Nama : Dwi SeptiaRini
BalasHapusNim : 2015015131
A. Identifikasi masalah:
1. Siswa kurang memahami dalam berbahasa inggris
2. Guru kurang memperhatikan siswa yang tidak aktif dalam berbahasa inggris dengan membiarkannya saja, tanpa ada tindakan
3. Guru dalam menyampaikan pembelajaran bahasa Inggris kurang bervariasi dengan metode konvensional
4. siswa masih kurang pembiasaan ketrampilan berbicara dengan mempraktikan dan menerapkan bahasa inggris secara langsung
5. Siwa takut salah dalam menjawab pertanyaan sehingga siswa lebih memilih diam saat guru mengajukan pertanyaan
B. Fokus Masalah
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa Kelas III dalam Pembelajaran Bahasa Inggris
C. Rumus Masalah
Bagaimana penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe Think Pair Share pada pembelajaran Bahasa inggris dapat meningkatkan hasil belajar dan keaKtifan siswa kelas III di SD Negeri X Tahun Ajaran 2017/2018
D. Judul Penelitian
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa Menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe Think Pair Share dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas III
E. Variabel Penelitian
1. Variabel bebas : Model pembelajaran cooperative learning tipe Think Pair Share
2. Variabel terikat : Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa
Nama : Dani Arif P
BalasHapusNIM : 2015015125
Kelas : 6C
A. Identifikasi masalah:
1. Kurangnya keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan dari guru dengan menggunakan bahasa inggris
2. Kurangnya pertisipasi siswa dalam menjawab pertanyaan guru
3. Kurangnya perhatian guru terhadap keberhasilan siswa
4. Kurangnya pengetahuan guru tentang berbagai model/metode pembelajaran
5. Nilai siswa kurang
B. Fokus masalah:
Berdasarkan identifikasi fakta diatas, fokus penelitian yaitu bagaimana upaya untuk meningkatkan keaktifan dan minat belajar bahasa inggris di kelas III.
C. Rumusan masalah:
Apakah penggunaan model pembelajaran picture and picture pada mata pelajaran Bahasa Inggris dapat meningkatkan keaktifan dan minat belajar siswa SD NEGERI X Tahun pelajaran 2018/2019?
D. Judul Penelitian
“Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Minat Belajar Melalui Model Picture And Picturepada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas III di SD NEGERI X Tahun Pelajaran 2018/2019”.
E. Variabel Penelitian
a. Variabel bebas : Model pembelajaran Picture and Picture.
b. Variabel terikat : Keaktifan dan minat belajar siswa.
Nama : Husnul Umar Yani
BalasHapusNIM : 2015015177
Kelas : 6 D
A. Identifikasi masalah
1. Dalam pembelajaran Bahasa Inggris di kelas III guru berperan aktif dan siswa kurang ikut serta dalam pembelajaran.
2. Kurangnya minat belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris.
3. Metode yang digunakan guru dalam pembelajaran Bahasa Inggris kurang bervariasi.
4. Hasil tes siswa kurang memuaskan, karena dalam pembelajaran Bahasa Inggris hanya ditekankan pada grammer.
B. Fokus Masalah
Bagaimana meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa kelas III SD 1 Salakan Tahun Pembelajaran 2017/2018 dalam mengikuti pembelajaran Bahasa Inggris.
C. Rumusan Masalah
1. Apakah peningkatan minat belajar siswa kelas III SD 1 Salakan Tahun Pembelajaran 2017/2018 dalam pembelajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe number heads together ?
2. Apakah peningkatan hasil belajar siswa kelas III SD 1 Salakan Tahun Pembelajaran 2017/2018 dalam pembelajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe number heads together ?
D. Judul Penelitian
Upaya meningkatkan minat belajar dan hasil belajar bahasa inggris melalui model cooperative learning tipe number heads together siswa kelas III SD 1 Salakan Tahun Ajaran 2017/2018
E. Variabel Penelitian
a. Variabel Terikat : minat belajar dan hasil belajar
b. Variabel Bebas: model cooperative learning tipe number heads together
Nama : Etika Candra Ekawuni
BalasHapusNIM : 2015015282
Kelas : 6D
A. Identifikasi masalah
1.Kurangnya pemahaman siswa terhadap pembelajaran bahasa inggris hal ini terlihat pada saat guru bertanya hanya ada 5 dari 28 siswa yang menjawab dengan bahasa inggris sedangkah yg lainnya hanya diam saja.
2.Guru tidak menghiraukan anak2 yang tdk mau menjawab dan melanjutkan pembelajaran.
3.proses pembelajaran dengan cara siswa membaca buku pelajaran dan menjawab soal.
4.tes yang dilakukan berupa pemahaman bacaan dan grammer namun ketika ada tamu asing yang kebetulan berkunjung ke SD masuk ke kelas III, tidak seorangpun dari siswa berani menjawab pertanyaan tamu asing tersebut apalagi bertanya.
B. Fokus Masalah
"Model pembelajaran yang diterapkan guru pada pembelajaran bahasa inggris belum bisa membuat siswa mampu berbahasa inggris"
C. Rumusan masalah
"Apa pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap kemampuan berbahasa inggris siswa kelas III SD?"
D. Judul penelitian
"Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif terhadap Kemampuan Berbahasa Inggris Siswa Kelas III SD"
E. Variabel penelitian
1.variabel bebas
Model pembelajaran kooperatif
2.variabel terikat
Kemampuan berbahasa inggris siswa kelas III SD
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusNama :Elistia Rini
BalasHapusNim : 2015015228
Kelas : 6D.
A. Identifikasi masalah
1. Siswa kurang berminat untuk mengikuti pembelajaran bahasa inggris
2. Guru mempunyai sikap perhatian kepada siswa masih sangat minim
3. Metode pembelajaran yang d gunakan oleh guru kurang menarik, baik dari segi media, model, mauoun strategi yang digunakan.
4. Guru terlalu fokis pada grammar sehingga nilai ujian siswa kurang memuaskan.
B. Fokus Masalah
Cara meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa kelas III SD 1 Salakan Tahun Pembelajaran 2017/2018 dalam mengikuti pembelajaran Bahasa Inggris.
C. Rumusan Masalah
1. Bagaimanakah cara meningkatkan minat belajar siswa kelas III SD 1 Salakan Tahun Pembelajaran 2017/2018 dalam pembelajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe snowball throwing ?
D. Judul Penelitian
Upaya meningkatkan minat belajar dan hasil belajar bahasa inggris siswa kelas III Sd Salakan I melalui model cooperative learning tipe snowball throwing pada Tahun Ajaran 2017/2018 ?
E. Variabel Penelitian
a. Variabel Terikat :peningkatan mutu minat belajar siswa dan hasil prestasi belajar siswa
b. Variabel Bebas: model cooperative learning tipe Snowball throwing
nama : SOFHIA WINDA DWIJAYANTI D.
BalasHapuskelas : 6c
nim : 2015015101
A. identifikasi masalah
1. Dalama menyampaikan materi bahasa inggris, guru kurang memperhatikan siswa sehingga membuat siswa menjadi pasif untuk bertanya mengenai materi yang mereka terima.
2. kurangnya pengetahuan siswa mengenai grammer
3. kurangnya minat belajar siswa mengenai pelajaran bahasa inggris.
B. Fokus masalah
bagaimana meningkatkan kemampuan bahasa inggris siswa dikelas III sekolah dasar.
C. Rumusan Masalah
Upaya meningkatkan keterampilan bahasa inggris siswa kelas III SD dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture.
D. judul penelitian
upaya meningkatkan bahasa inggris melalui model pembelajaran picture and picture siswa kelas III SD Negeri X.
E. variabel Penelitian
variabel bebas : Model pembelajaran picture and picture
variabel terikat : meningkatkan minat belajar siswa.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusNama : Diana Rachmawati
BalasHapusNIM : 2015015147
Kelas : 6D
Identifikasi masalah :
1. Kurangnya minat belajar siswa kelas lll dalam pembelajaran bahasa inggris
2. Model dan metode pembelajaran yang kurang menarik minat belajar siswa
3. Kurangnya pemahaman guru dalam pengelolaan kelas
Fokus masalah : Bagaimana meningkatkan minat belajar siswa kelas lll dalam pembelajaran bahasa inggris
Rumusan masalah : apakah penggunaan model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan minat belajar bahasa inggris siswa kelas lll SD.
Judul penelitian : Penggunaan model pembelajaran jigsaw pada pelajaran bahasa inggris siswa kelas lll SD
Variabel bebas : Model pembelajaran jigsaw
Variabel terikat : minat siswa
Nama: Erlin Maulida Puspitasari
BalasHapusNim: 2015015120
Kelas: 6C
A. Identifikasi Masalah
1. Kurangnya peran siswa di dalam keaktifan untuk menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru pada pembelajaran Bahasa Inggris.
2. Kurangnya pemahaman siswa dalam berbahasa Inggris.
3. Kurangnya kreativitas guru dalam mengajarkan Bahasa Inggris pada siswa.
4. Guru hanya menekankan siswa pada grammer dalam pelajaran Bahasa Inggris.
B. Fokus Masalah
"Untuk meningkatkan minat dan kreativitas belajar siswa dalam pelajaran Bahasa Inggris untuk siswa kelas III SD"
C. Rumusan Masalah
1. Bagaimana cara meningkatkan hasil belajar siswa melalui keterampilan membaca dan berbicara dalam pelajaran Bahasa Inggris pada siswa kelas III di SD Tahun pelajaran 2017/2018?
2. Apakah penggunaan model pembelajaran Think Pair Share pada pembelajaran Bahasa Inggris dapat meningkatkan partisipasi siswa kelas III SD Negeri Tahun Pelajaran 2017/2018?
D. Judul Penelitian
"Upaya Meningkatkan Minat Hasil Belajar Siswa Melalui Keterampilan Berbahasa Dengan Model Pembelajaran Think Pair Share dalam Pelajaran Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas III di SD Tahun Pelajaran 2017/2018"
E. Variabel Penelitian
1. Variabel bebas
Minat hasil belajar dan keterampilan berbahasa siswa
2. Variabel terikat
Model pembelajaran Think Pair Share
Nama : Tri Prabowo Putro
BalasHapusNim : 2015015159
Kelas : 6D
Identifikasi masalah
1. Kurangnya partisipasi dari siswa dalam menjawab pertanyaan dari gurunya
2. Metode yang digunakan dalam menyampaikan pembelajaran masih konvensional
3. Tes hasil belajar siswa sedang, karena guru hanya menekankan pada grammer saja
Fokus Masalah
Bagaimana meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa inggris di kelas III SD?
Rumusan Masalah
Apakah penggunaan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw pada pembelajaran bahasa Inggris dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas III di Sekolah Dasar?
Judul Penelitian
Upaya meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa melalui model Cooperative Learning tipe Jigsaw pada pembelajaran bahasa Inggris kelas III SD?
Variabel
1. Variabel terikat : keaktifan dan hasil belajar siswa.
2. Variabel bebas : model Cooperative Learning tipe Jigsaw
Nama : Ninik purwaningsih
BalasHapusNIM. : 2015015112
KELAS : 6C
A .Identifikasi masalah
1.kurangnya partisipasi siswa dalam menjawab pertanyaan pelajaran bahasa inggris
2.Guru cenderung menyampaikan materi secara monoton menyebabkan siswa merasa bosan dalam pelajaran bahasa inggris.
3.Siswa cenderungcenderung malas dan takut salah dalam menjawab pertanyaan
4.Rendahnya minat belajar siswa pada pelajaran bahasa inggris sehingga siswa cenderung pasif
B .Fokus masalah : Bagaimana meningkatkan minat siswa yang aktif dalam pelajaran bahasa inggris kelas III SD Negeri Tahun pelajaran 2017/2018
C. Rumusan masalah: Bagaiana cara meningkatkan minat belajar dan ketrampilan siswa melalui model (NHT) Number Head Together dalam pelajaran bahasa inggris kelas III SD Negeri Tahun pelajaran 2017/2018
D . Judul penelitian :"Penggunaan model pembelajaran (NHT) Number Head Together dalam mata pelajaran Bahasa Inggris untuk meningkatkan minat belajar dan ketrampilan berbicara pada siswa kelas III SD Negeri Tahun pelajaran 2017/2018
E. Variabel Penelitian :
1. Variabel : Model pembelajaran NHT
2. Variabel : Minat belajar dan ketrampilan berbicara siswa dalam mata pelajaran bahasa inggris
NAMA : Ratna Widiya
BalasHapusNIM : 2015015124
KELAS : 6C
A. Identifikasi Masalah
Berdasarkan permasalahan yang telah diuraikan diatas, maka identifikasi masalah yang dapat ditentukan adalah sebagai berikut:
1. Kurangnya minat belajar siswa dalam mempelajari Bahasa Inggris.
2. Kurangnya keterampilan berbicara siswa dalam menggunakan Bahasa Inggris.
3. Pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah masih menitikberatkan pada pemahaman bacaan dan grammer.
4. Belum ditemukan metode yang tepat untuk meningkatkan minat belajar dan keterampilan berbicara siswa dalam Bahasa Inggris pada proses pembelajaran.
B. Fokus Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah yang ada maka fokus permasalahannya pada upaya meningkatkan minat belajar dan keterampilan berbicara dalam Bahasa Inggris pada siswa kelas III SD X Tahun pelajaran 2017/2018.
C. Rumusan Masalah
Dari identifikasi dan fokus masalah yang telah dipaparkan sebelumnya, dapat ditarik rumusan masalah yaitu apakah penggunaan metode sing a song dalam pembelajaran Bahasa Inggris mampu meningkatkan minat belajar dan keterampilan berbicara pada siswa kelas III SD X Tahun pelajaran 2017/2018.
D. Judul Penelitian
Upaya meningkatkan minat belajar dan keterampilan berbicara dalam Bahasa Inggris dengan metode sing a song pada siswa kelas III SD X Tahun pelajaran 2017/2018.
E. Variabel Penelitian
Variabel bebas : Metode sing a song
Variabel terikat : Minat belajar siswa dan keterampilan berbicara dalam Bahasa Inggris
Nama : Yunita Ika Saputri
BalasHapusKelas : 6D
Nim : 2015015005
Identifikasi masalah
1. Kurangnya pengembangan dan metode secara inovatif pada mata pelajaran bahasa inggris oleh guru
2. Kurangnya guru dalam membangun hubungan timbal balik dalam evaluasi setiap pembeljaran
3. Kurangnya minat siswa dikarenakan metode pembelajaran yang monoton
4. Kurangnya minat serta pemahaman dan kemampuan siswa dalam berbahasa inggris secara lisan maupun tertulis.
Fokus masalah
"upaya meningkatkan pemahaman dan kemampuan berbahasa inggris sederhana dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw yang inovatif agar dapat meningkatkan berbahasa secara lisan maupun tertulis di kelas III"
Rumusan masalah
1. Apakah model pembelajaran jigsaw dapat membantu meningkatkan pemahaman dan kemampuan berbahasa inggris baik secara lisan maupun tulisan secara sederhana di kelas III
Judul :
Penggunaan model pembelajaran jigsaw dalam upaya meningkatkan pemahaman dan kemampuan berbahasa inggris baik secara lisan maupun tertulis yang sederhana di SD kelas III
Variabel penelitian :
1. Bebas : model pembelajaran jigsaw
2. Terikat : meningkatkan pemahaman dan kemampuan berbahasa inggris secara lisan maupun tertulis secara sederhana di kelaa III.
Nama : Linda Rusmita
BalasHapusNim : 2015015100
Kelas: 6C
A. Identifikasi masalah:
1. kurangnya pemahaman siswa dalam bahasa inggiris
2. Guru membiarkan siswa yang tidak aktif dalam berbahasa inggris
3. Guru dalam pengajaran bahasa Inggris kurang bervariasi
4. Siwa takut salah dalam menjawab pertanyaan sehingga siswa lebih memilih diam saat guru mengajukan pertanyaan
B. Fokus Masalah
Meningkatkan hasil belajar siswa melalui keterampilan dalam pembelajaran bahasa inggris
C. Rumus Masalah
Bagaimana penggunaan model pembelajaran cooperative learning pada pembelajaran Bahasa inggris dapat meningkat keatifan siswa kelas III di SD Negeri X Tahun Ajaran 2017/2018
D. Judul Penelitian
Upaya untuk meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa memulai keterampilan berbahasa dengan teknik number head Together dalam pembelajaran bahasa inggris pada siswa kelas III di sekolah dasar
E. Variabel Penelitian
1. Variabel bebas : Model pembelajaran cooperative learning
2. Variabel terikat : Mengembangkan minat belajar siswa
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusNama : Anissa Ulfa Diana
BalasHapusNIM : 2015015308
Kelas : 6C
Identifikasi Masalah :
1. Siswa pasif atau kurang berpartisipasi saat mengikuti pelajaran bahasa inggris
2. Rendahnya minat belajar siswa kelas III pada mata pelajaran bahasa inggris
3. Kurangnya perhatian guru terhadap siswa kelas III pada pelajaran bahasa inggris
4. Model dan metode pembelajaran bahasa inggris pada kelas III kurang menarik
5. Hasil tes bahasa inggris siswa kelas III kurang memuaskan
Fokus masalah :
Bagaimana upaya meningkatkan kemampuan bahasa inggiris siswa kelas III
Rumusan masalah :
a. Apakah penggunaan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw pada pembelajaran Bahasa Inggris dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa kelas III SD X Tahun Ajaran 2017/2018?
b. Bagaimana implementasi model pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw dalam meningkatkan partisipasi dan hasil belajar Bahasa Inggris pada siswa kelas III SD X Tahun Ajaran 2017/2018?
Judul penelitian
Upaya Meningkatkan Partisipasi dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas III SD X Tahun Ajaran 2017/2018.
Variabel-variabel penelitian pada permasalahan
a. Variabel Terikat (permasalahan utama) : partisipasi dan hasil belajar siswa
b. Variabel Bebas (solusi) :model Cooperative Learning tipe Jigsaw
c. Variable control: mata pelajaran Bahasa Inggris kelas III SD X
Nama: yovita kustanti soi mau
BalasHapusNIM : 2015015166
Kelas: 6D
A. Identifikasi masalah
1. Tidak memperhatikan penjelasan guru
2. Kurang berminat dalam pembelajaran bahasa inggris.
3. Hasil belajar siswa rendah.
B. Fokus masalah
Dari identifikasi masalah tersebut, maka fokus permasalahannya adalah penggunaan model dan media pembelajaran yang kurang tepat sehingga siswa tidak tertarik atau kurang berminat untuk belajar bahasa inggris.
C. Rumusan masalah
Mengapa siswa kelas 3 tidak berminat dalam pembelajaran bahasa inggris.
D. Judul penelitian
" penerapan model pembelajaran Think Pair and Share untuk meningkatkan minat belajar bahasa inggris pada siswa.
E. Variabel
1. Variabel bebas: model pembelajaran Think Pair and Share
2. Variabel terikat: keaktifan dan minat belajar siswa kelas 3
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusNama : Sekar Putri Septiyaningsih
BalasHapusNim : 2015015165
Kelas : 6D
Identifikasi masalah
1. Kurangnya pemahaman siswa tentang pelajaran bahasa inggis
2. Kurangnya pendekatan guru terhadap siswa yang mengalami kesulitan saat pembelajaran bahasa inggis
3. Guru kurang kreatif dalam mengajar sehingga membuat siswa bosan dan tidak memperhatikan pembelajaran
4. Hasil tes siswa kurang memuaskan karena ketidakpahaman dan kejelasan materi yang sudah dipelajari
5. Ketidakpedulian guru terhadap siswa yang belum bisa memahmi pelajaran
6. Kurangnya minat siswa pada pembelajaran bahasa inggis membuat siswa tidak aktif pada saat pelajaran berlangsung
Fokus masalah
Bagaimana meningkatan minat, keaktifan siswa dan hasil pembelajaran bahasa inggis kelas III Sekolah Dasar?
Rumusan masalah
Apakah model pembelajaran CTL dan metode pembelajaran PAIKEM dapat meningkatkan minat, keaktifan dan hasil belajar dalam pembelajaran bahasa inggris siswa kelas III Sekolah Dasar?
Judul penelitian
"Upaya yang di lakukan guru dalam meningkatkan minat, keaktifan dan hasil pembelajaran siswa menggunakan model CTL dan Metode PAIKEM pada mata pelajaran bahasa inggris kelas III Sekolah Dasar tahun 2017/2018"
Variabel penelitian
Variabel terikat : model CTL dan metode PAIKEM
Variabel bebas : meningkatkan minat, keaktifan dan hasil belajar
Nama : Mita Riani
BalasHapusNim : 2015015164
Kelas: 6D
A. identifikasi Masalah :
1. Siswa kurang memahami pembelajaaran Bahasa Inggris.
2. Siswa kurang aktif saat kegiatan pembelajaran.
3. metode maupun model pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang bervariasi.
4. hasil tes siswa tidak memuaskan, dikarena guru hanya menekankan pemahaman bacaan dan grammer pada mata pelajaran Bahasa Inggris.
B. fokus Masalah
Bagaimana meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Inggris di SD kelas III.
C. Rumusan Masalah
apakah model pembelajaran cooperative learning tipe TGT (Teams Games Tournament) pada mata pelajaran Bahasa Inggris dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas III SD Tahun Pelajaran 2017/2018 ?
D. Judul Penelitian
Upaya meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa melalui model TGT (Teams Games Tournament) pada mata pelajaran Bahasa Inggris Tahun Pelajaran 2017/2018.
E. Variabel Penelitian
1. Variabel Terikat : Keaktifan dan hasil belajar
2. variabel bebas : model pembelajaran cooperative learning tipe TGT (Teams Games Tournament).
3. varibel control : mata pelajaran Bahasa Inggris kelas III SD Negeri X.
BalasHapusNAMA : Yuli Prasetyiyana
NIM : 2015015122
KELAS : 6C
A. Identifikasi Masalah
1. Kurangnya minat belajar siswa dalam belajar Bahasa Inggris.
2. Guru kurang kreatif dalam penyampaian materi, sehingga siswa susah memahami materi yang guru sampaikan
3. Metode yang digunakan dalam pelajaran bajasa inggris kurang tepat, yang mengakibatkan siswa tidak paham dengan materi yang di sampaikan.
4. Cara guru yang salah saat siswa tidak bisa memahami materi yang ia sampaikan. Guru malah membiarkan siswa tidak mengerti dan melanjutkan pembelajaran
B. Fokus Masalah
Bagaimana cara meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa kelas III SD 1 Salakan Tahun Pembelajaran 2017/2018 dalam mengikuti pembelajaran Bahasa Inggris.
C. Rumusan Masalah
Dari identifikasi dan fokus masalah tersebut, dapat ditarik rumusan masalah yaitu apakah penggunaan model pembelajaran talking stik dalam pembelajaran Bahasa Inggris mampu meningkatkan minat belajar dan keterampilan berbicara pada siswa kelas III SD X Tahun pelajaran 2017/2018.
D. Judul Penelitian
Upaya meningkatkan minat belajar dan keterampilan berbicara dalam Bahasa Inggris dengan metode sing a song pada siswa kelas III SD X Tahun pelajaran 2017/2018.
E. Variabel Penelitian
Variabel bebas : Model pembelajaran talking stik
Variabel terikat : keterampilan berbicara dan mengemukakan pendapat
Nama : Oriza Sovranita
BalasHapusNIM : 2015015178
Kelas : 6D
A. Identifikasi masalah :
1. Siswa kurang minat pada mata pelajaran Bahasa Inggris
2. Kurangnya keaktifan siswa dalam mata pelajaran Bahasa Inggris
3. Guru kurang menerapkan model pembelajaran yang inovatif pada mata pelajaran Bahasa Inggris
4. Kurangnya kemampuan berbicara siswa secara efektif dan efisien pada mata pelajaran Bahasa Inggris
B. Fokus masalah :
Bagaimana meningkatkan kemampuan berbicara siswa secara efektif dan efisien dalam pembelajaran Bahasa Inggris kelas III SD Negeri X
C. Rumusan masalah :
Apakah dengan menggunakan model pembelajaran Communicative Approach dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa secara efektif dan efisien pada mata pelajaran Bahasa Inggris kelas III SD Negeri X Tahun Ajaran 2017/2018?
D. Judul penelitian :
Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Melalui Model Comunicative Approach pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas III di SD Negeri X Tahun Ajaran 2017/2018
E. Variabel penelitian :
a. Variabel Terikat (permasalahan utama) : kemampuan berbicara
b. Variabel Bebas (solusi) : model Communicative Approach
c. Variable control: mata pelajaran Bahasa Inggris kelas III SD Negeri X
Nama : Asha Almamatul Afifah
BalasHapusNim : 2015015132
Kelas : 6 C
A. Identifikasi Masalah
Berdasarkan permasalahan yang telah diuraikan diatas, maka identifikasi masalah yang dapat ditentukan adalah sebagai berikut:
1. Kurangnya keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan dari guru dengan menggunakan bahasa inggris
2. Guru masih menggunakan metode konvensional dan pembelajaran masih berpusat pada guru
3. Kurangnya kreatifitas guru dalam menentukan metode yang digunakan dalam pembelajaran Bahasa inggris
4. Kurangnya keterampilan berbicara siswa menggunakan Bahasa inggris.
B. Fokus masalah
Berdasarkan identifikasi masalah diatas maka fokus permasalahannya adalah Upaya meningkatkan keaktifan dan minat belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa inggris.
C. RUMUSAN MASALAH
" Apakah model pembelajaran kooperatif tipe Thing-Pair-Share
(TPS) dapat meningkatkan keaktifan dan minat belajar siswa
kelas III SD Tahun Pelajaran 2017/2018? "
D. JUDUL PENELITIAN
" Upaya Meningkatkan keaktifan dan minat belajar siswa dalam Mata
Pelajaran Bahasa Inggris materi Grammar dan Speaking Menggunakan
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) pada
siswa Kelas III SD Tahun Pelajaran 2017/2018.
E. VARIABEL PENELITIAN
1. Variabel Bebas : Model Pembelajaran Cooperatif tipe TPS
2. Variabel Terikat : Keaktifan Dan Minat Belajar Siswa
Nama :Nur Endahsari
BalasHapusNim : 2015015118
Kelas: 6c
A. Identifikasi Masalah
1. kurangknya keaktifan siswa dalam pembelajaran b. inggirs
2. guru kurang memberikan perhatian lebih kepada siswa yang pasif
3. kurangnya motivasi siswa dalam pembelajaran b.inggris
4. kurangnya model pembelajaran yang menarik, yang dapat meningkatkan minat dan keaktifan siswa dalam pembelajaran b inggris
5. rendahnya nilai siswa
B. Fokus masalah
meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran b.inggris kelas III SD Negeri tahun Ajaran 2017/2018
C. Rumusan masalah
Apakah model pembelajaran role playing dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran b.inggris kelas III SD tahun Ajaran 2017/2018
D. judul Penelitian
upaya meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran role playing dalam mata pelajaran b.inggris kelas III SD Negeri Tahun Ajaran 2017/2018
E. variabel penelitian
1. variabel bebas : model pembelajaran role playing
variabel terikat : keaktifan dan hasil belajar siswa
NAMA : PUTRI INTAN LARASATI
BalasHapusNIM : 2015015114
KELAS : 6C
Identifikasi masalah
Kurangnya keaktifan dalam proses pembelajaran dan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.
Kurangnya kemampuan siswa dalam berbahasa inggris.
Kurangnya minat belajar siswa terhadap pelajaran bahasa inggris.
Kurangnya inovasi guru dalam penyampaian materi.
B. Fokus masalah
Bagaimana cara meningkatkan minat belajar dan keaktifan siswa dalam pembelajaran bahasa inggris.
C. Rumusan masalah
Apakah penggunaan model NHT dapat meningkatkan minat belajar dan keaktifan siswa dalam pembelajaran bahasa inggris di kelas III ?
D. Judul penelitian
Upaya meningkatkan minat belajar dan keaktifan siswa dalam pembelajaran menggunakan model NHT terhadap pelajaran bahasa inggris kelas III SD N Tahun Ajaran 2017/2018.
E. Variabel penelitian
Variabel bebas : Model NHT
Variabel terikat : Meningkatkan minat belajar dan keaktifan siswa dalam pembelajaran bahasa inggris kelas III.
Nama : Dwi Suswati
BalasHapusNIM : 2015015176
Kelas : 6D
A. Identifikasi Masalah
1. Kurangnya minat belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran bahasa inggris masih rendah.
2. Kurangnya inovasi guru dalam menyampaikan materi pembelajaran didalam kelas.
3. Kemampuan siswa dalam berbahasa inggris masih rendah.
B. Fokus masalah
Bagaimana cara meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa inggris kelas III SD Grojogan Tamanan Banguntapan Bantul.
C. Rumusan Masalah
Apakah dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Number Head Together (NHT) dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas III SD Grojogan Tamanan Banguntapan Bantul ?
D. Judul Penelitian
“Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil belajar siswa Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe Number Head Together (NHT) pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris kelas III SD Grojogan Tamanan Banguntapan Bantul Tahun Ajaran 2018/2019”.
E. Variabel-Variabel penelitian
1. Variabel Bebas : Model pembelajaran Cooperative Learning tipe Number Head Together (NHT)
2. Variabel Terikat : Minat dan hasil belajar siswa
3. Variabel Control : Mata Pelajaran Bahasa Inggris kelas III SD Grojogan
A. Identifikasi Masalah
BalasHapus1. Kurangnya motivasi belajar saat siswa menjawab pertanyaan dari guru dalam pembelajaran bahasa inggris
2. Kurangnya kerja sama antara guru dan siswa saat pembelajaran bahasa inggris
3. Model yang digunakan guru dalam pembelajaran bahasa inggris kurang menarik
B. Fokus Masalah
Upaya untuk meningkatkan motivasi belajar berbahasa inggris siswa kelas III SD tahun ajaran 2017/2018.
C. Rumusan Masalah
Bagaimana upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam bahasa inggris melalui model picture and picture kelas III SD tahun ajaran 2017/2018
D. Judul Penelitian
Upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam bahasa inggris melalui model picture and picture kelas III SD tahun ajaran 2017/2018.
E. variabel – variabel Penelitian
Variabel terikat : motivasi belajar siswa
Variabel bebas : model picture and picture
Nama:Maria vidya bere
BalasHapusNaim: 2015015142
Kelas: 6D
1Identifikasi Masalah
1.model pembelajaran yang di terapkan oleh guru belum sesuai
2.Kemampuan siswa dalam berbahasa inggris masih kurang sehingga menyebabkan siswa tidak dapat berkomunikasi dengan orang lain
3.guru hanya menekankan pada pembelajaran grammar saja
2.Fokus Masalah
Meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran bahasa inggris kelas 3 dengan metode pembelajaran Discovery.di sekolah dasar tahun pembelajaran 2017/2018
3.Rumusan Masalah
Bagaimaa cara meningkatkan
Minat belajar siswa dalam pembelajaran bahasa inggris melalui metode pembelajaran Discovery pada siswa kelas 3
di SD tahun 2017/2018
4.Judul Penelitian
Metode pembelajaran Discovery dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran bahasa inggris.kelas 3 SD tahun 2017/2018
5.Variabel Penelitian
Variabel bebas: metode Discovery
Variabel terikat:minat belajar siswa
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusNama:Luzia Imelda Dejesus
BalasHapusNim:2015015252
Kelas:6D
A.Identifikasi masalah
1. siswa kurang dalam memperhatikan penjelasan Guru
2.siswa kurang mampu dalam bahasa inggris
3. Guru kurang mampu dalam menerapkan metode pembelajaran saat mrngajar di kelas
B. Fokus masalah
Bagaimana meningkatkan minat siswa dalam pelajaran bahasa inggris dikelas 3.
C.Rumusan masalah
Apakah dengan menggunakan model jigsaw dapat meningkatkan minat siawa dalam pembelajaran bahasa inggris dikelas 3?
D.Judul Penelitian
Penggunaan model jigsaw pada pembelajaran bahasa inggris di SD kelas 3.
E.Variabel Penelitian
a.Variabel Bebas : model jigsaw
b.variabel tetikat: meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran bahasa inggris.
Nama : Ajeng Hidayatun Afifah
BalasHapusNIM : 2015015310
Kelas : 6C
1. Identifikasi masalah:
a. Sikap siswa pasif saat mengikuti pelajaran Bahasa Inggris.
b. Siswa Kurang berpartisipasi aktif dalam menjawab pertanyaan dari guru saat pembelajaran Bahasa Inggris.
c. Hasil tes bahasa Inggris siswa kurang memuaskan karena tes yang diberikan guru hanya pemahaman bacaan dan grammer.
d. Kemampuan berbahasa Inggris siswa rendah.
e. Kurangnya kreatiivitas guru dalam menggunakan strategi, model, dan metode pembelajaran yang menarik serta menyenangkan.
2. Fokus Masalah: Penggunaan strategi, model, dan metode pembelajaran yang tepat guna meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pelajaran Bahasa Inggris di SD kelas III.
3. Rumusan Masalah
a. Apakah penggunaan model pembelajaran Cooperative Learning tipe NHT (Nomber Head Together) pada pembelajaran Bahasa Inggris dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Baluwarti Tahun Ajaran 2017/2018?
b. Bagaimana implementasi model pembelajaran Cooperative Learning tipe NHT dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Bahasa Inggris pada siswa kelas III SD Negeri Baluwarti Tahun Ajaran 2017/2018?
4. Judul penelitian
Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Cooperative Learning Tipe NHT pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas III SD Negeri Baluwarti Tahun Ajaran 2017/2018.
5. Variabel-variabel penelitian pada permasalahan
a. Variabel Terikat (permasalahan utama) : keaktifan dan hasil belajar
b. Variabel Bebas (solusi) :model Cooperative Learning tipe NHT
c. Variable control: mata pelajaran Bahasa Inggris kelas III SD Negeri Baluwarti.
Nama : Asih Rahmawati
BalasHapusNIM : 2015015180
Kelas : 6D
1. Identifikasi Masalah :
a. Kurangnya minat dan partisipasi siswa saat mengikuti pelajaran bahasa inggris
b. Kurangnya perhatian / acuhnya guru terhadap siswa kelas III pada pelajaran bahasa inggris
c. Model dan metode pembelajaran yang dilakukan guru dalam pelajaran bahasa Inggris pada kelas III yang kurang menarik
d. Kurangnya kemampuan siswa dalam berbahasa Inggris
e. Hasil belajar bahasa inggris siswa kelas III yang kurang memuaskan
2. Fokus masalah :
Bagaimana cara meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa inggris kelas III SD Negeri Mutihan Yogyakarta
3. Rumusan masalah :
a. Apakah penggunaan model pembelajaran Cooperative Learning tipe picture and picture pada pembelajaran Bahasa Inggris dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Mutihan Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018?
b. Bagaimana implementasi model pembelajaran Cooperative Learning tipe picture and picture dalam meningkatkan partisipasi dan hasil belajar Bahasa Inggris pada siswa kelas III SD Negeri Mutihan Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018?
4. Judul penelitian
Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Cooperative Learning Tipe picture and picture pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas III SD Negeri Mutihan Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018.
5. Variabel-variabel penelitian pada permasalahan
a. Variabel Terikat : minat dan hasil belajar siswa
b. Variable control: mata pelajaran Bahasa Inggris kelas III SD Negeri Mutihan Yogyakarta
c. Variabel Bebas:model Cooperative Learning tipe picture and picture
Nama : Imakukata Dendo
BalasHapusNim : 2015015173
Kelas: 6D
A.Identifikasi Masalah
1. Kurangnya partisipasi peserta didik dalam menjawab pertanyaan dari guru.
2. Kurangnya hasil belajar atau prestasi siswa rendah
3. Siswa kurang berminat dalam pembelajaran bahasa inggris.
B. Fokus Masalah
Bagaimana cara atau upaya guru dalam meningkatkan minat belajar siswa dalam kemampuan pembelajaran bahasa inggris pada siswa kelas 3.
C. Rumusan Masalah
Bagaimana upaya guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui ketrampilan membaca dalam pembelajaran bahasa inggris pada siswa kelas 3.
D. Judul Penelitian
"Upaya untuk meningkatkan minat belajar dan keaktifan siswa melalui model pembelajaran think pair and share pada pembelajaran bahasa inggris di kelas 3.
Variabel bebas : Model pembelajaran think pair and share
Variabel terikat : Meningkatkan minat belajar dan keaktifan siswa.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusNama: Maria Marleni Mau
BalasHapusKelas: 6D
Nim :2015015315
A.Identifikasi masalah
1.Siswa kurang pemahaman dalam pelajaran bahasa inggris
2.Kurangnya partisipasi siswA dalam mempelajari bahasa inggris
3. Guru kurang memperhatikan siswa dan membiarkan siswa yang tidak mau belajar bahasa inggris.
B.Fokus masalah
Penggunaan metode dan model pembelajaran yang digunakan guru kurang tepat sehingga membuat siswa kurang tertari/minat dalaM pelajaran bahasa inggris.
C.Rumusan masalah
1. Bagaimana penggunaan model pembelajaran cooperative learning pada pembelajaran bahasa inggris dapat meningkatkan keaktifan dan partisipasi siswa kelas III SD Negeri X Tahun ajaran 2017/2018?
2.Bagaimana cara guru membuat siswa aktif dalam pelajaran bahasa inggris
D. Judul penelitian
Penggunaan model pembelajaran cooperarive learning untuk meningkatkan pemahaman dan keaktifan siswa dalaM pembelajaran bahasa inggris dalam kelas.
E.variabel penelitian
1. variabel bebas : medel pembelajaran cooperative learning
2.variabel terikat : pemahaman minat dan keaktifan siswa dalam pelajaran bahasa inggris.
Nama : sumasthaka
BalasHapusNim : 2015015161
Kelas : 6d
Identifikasi masalah
a. Kurangnya perhatian guru kepada peserta didik
b. Kurangnya kereatif guru dalam mengajarkan mata pelajaran bahasa inggris
c. Guru mengajarkan pembelajaran dengan monoton kurang bervareasi
Fokus masalah
a. Bagaimana cara meningkatkan pemahaman dan keaktifan siswa dalam pelajaran bahasa inggris kelas III
Rumusan masalah
a. Apakah menggunakan model role playing dapat meningkatkan pemahaman dan keaktifan dalam pembelajaran bahasa inggris kelas III
b. Apakah menggunakan metode percakapan dalam pembelajaran bahasa inggris dapat meningkatkan pemahaman dan keaktifan siswa sd kelas III
Judul penelitian
Upaya meningkatkan pemahaman dan keaktifan melalui model role playing pada mata pelajaran bahasa inggris di sd kelas III
Variabel variabel penelitian
a. Variabel terikat ( permasalahan utama ) : pemahaman dan keaktifan dalam belajar
b. Variabel bebas : Model pembelajaran role playing
Isnaini Nur Latifah
BalasHapus2015015099
6C
A. Identifikasi Masalah
1. Siswa kurang aktif dalam menjawab pertanyaan guru dengan bahasa inggris pada saat pembelajaran pada mata pelajaran bahasa inggris.
2. Minimnya inovasi guru dalam mengajar, karena materi yang disampaikan hanya pemahaman bacaan dan grammer.
3. Rendahnya pemahaman siswa dalam penggunaan bahasa inggris.
4. Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa inggris.
B. Fokus Masalah
Berdasarkan diagnosis permasalahan kelas di atas, maka penelitian ini difokuskan pada upaya peningkatan hasil belajar Bahasa Inggris pada siswa kelas III melalui pembelajaran aktif tipe talking stick.
C. Rumusan Masalah
Bagaimana pembelajaran aktif tipe talking stick dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris pada siswa kelas III SD Negeri?
D. Judul Penelitian
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS MELALUI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE TALKING STICK PADA SISWA KELAS III SD NEGERI TAHUN PELAJARAN 2017/2018
E. Variabel
1. Variabel bebas : Pembelajaran aktif tipe talking stick.
2. Variabel terikat: Hasil Belajar Bahasa Inggris.
Nama : Hendry Pangestu
HapusNIM. :2015015167
Kelas: 6D
A. Analisis masalah :
1. Siswa kurang paham terhadap materi yang disampaikan guru.
2.Kurangnya minat siswa kelas 3 dalam belajar bahasa Inggris.
3. Guru kurang memperhatikan kemampuan siswa dalam belajar.
4. Guru kurang mengembangkan pembelajaran.
B. Fokus Masalah
Berdasarkan dari analisis yang saya lakukan maka fokus masalah dari pemaparan di atas adalah upaya meningkatkan minat dan hasil belajar Bahasa Inggris di kelas 3 SD NEGERI ....
C. Rumusan Masalah
"Bagaimana cara meningkatkan minat dan hasil belajar Bahasa Inggris di kelas 3 SD NEGERI ...
D. Judul
"Upaya meningkatkan minat dan hasil belajar Bahasa Inggris melalui Metode Praktek Pola-Pola Kalimat Bahasa Inggris di kelas 3 SD negeri ...."
E. Variabel
1. Variabel bebas : Metode Praktek Pola-Pola Kalimat Bahasa Inggris
2. Variabel terikat : Minat dan Hasil belajar siswa kelas 3 SD NEGERI ....
Nama : Roky Sulistio
BalasHapusNim : 2015015102
Kelas : 6C
A. INDENTIFIKASI MASALAH
1. Ketika guru memberikan kesempetan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan guru siswa tidak bersedia menjawab.
2. Ibu ami kurang bersemangat untuk mengajarkan bahasa inggris di kelas III Sekolah dasar.
3. Metode pembelajarannya membuat siswa nya bosan dan jenuh karena kurang menarik.
4. Hasil belajar siswa jadinya sangat rendah kerena kurangnya pemahaman materi yang di sampaikan.
B. FOKUS MASALAH
Bagaimana cara meningkatkan semangat belajar/motivasi dan rasa ingin tau siswa
pada mata pelajaran Bahasa Inggris.
C. RUMUSAN MASALAH
Bagaimanakah cara meningkatkan minat belajar siswa kelas III SD 1 Salakan Tahun Pembelajaran 2017/2018 dalam pembelajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe snowball throwing ?
D. JUDUL PENELITIAN
Upaya meningkatkan minat belajar dan hasil belajar bahasa inggris siswa kelas III Sd Salakan I melalui model cooperative learning tipe snowball throwing pada Tahun Ajaran 2017/2018.
E. VARIABEL PENELITIAN
a. Variabel Terikat :peningkatan mutu minat belajar siswa dan hasil prestasi belajar siswa
b. Variabel Bebas: model cooperative learning tipe Snowball throwing.
Nama : Nurohidah
BalasHapusNIM : 2015015314
Kelas : 6D
A. Identifikasi masalah
1. Siswa selalu diam jika ditanya
2. Siswa berpura-pura tidak mendengar pertanyaan guru
3. Siswa kurang minat pada pelajaran bahasa inggris
4. Siswa kurang serius dalam belajar bahasa Inggris
5. Siswa tidak aktif dalam mengikuti pelajaran bahasa inggris
B. Fokus Masalah
Berdasarkan permasalahan kelas di atas, maka penelitian ini difokuskan pada upaya peningkatan hasil belajar Bahasa Inggris pada siswa kelas 3 dengan strategi pembelajaran PAIKEM
C. Rumusan Masalah
1. Metode apakah yang cocok untuk siswa kelas 3 pada pelajaran bahasa inggris?
2. Faktor apakah yang menjadi penghambat siswa kelas 3 terhadap mata pelajaran Inggris?
3. Media apa saja yang cocok digunakan untuk kelas 3 SD?
D. JUDUL
UPAYA MENINGKATKAN GAIRAH BELAJAR SISWA KELAS 3 SD DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN PAIKEM
E.variabel penelitian
1. variabel bebas : model pembelajaran PAIKEM
2.variabel terikat : pemahaman minat dan keaktifan siswa dalam pelajaran bahasa inggris.
Nama : Lalu sepel irhas sri sanjani
BalasHapusNim. : 2015015111
Kelas : 6 C
A. Identifikasi Masalah
1. Kurangnya minat siswa dalam mata pelajaran bahasa Inggris.
2. Kurangnya partisipasi siswa dalam menjawab pertanyaan guru.
3. Sebagian siswa kurang mampu memahami mata pelajaran bahasa inggris.
4. Kurangnya kreatifitas guru dalam memilih metode pembelajaran agar mata pelajaran bahasa inggris lebih menarik.
B. Fokus Masalah
Meningkatkan minat dan partisipasi siswa didalam kelas saat mata pelajaran Bahasa Inggris agar siswa lebih aktif dalam dalam mata pelajaran bahasa inggris SD Kelas III.
C. Rumusan Masalah
Dalam uraian latar belakang tersebut, rumusan masalahnya yaitu "bagaimana kah cara guru untuk meningkatkan partisipasi dan keaktifan siswa dalam mata pelajaran bahasa inggris ?" SD Krlas III.
D. Judul Penelitian
Cara untuk meningkatkan minat dan partisipasi siswa SD Kelas III dalam mengikuti mata pelajaran Bahasa Inggris.
E. Variabel penelitian
1. Variabel bebas : Metode percakapan
2. Variabel terkait : Minat belajar dan keaktifan siswa.
NAMA : ROSA DALIMA DERANG
BalasHapusNIM : 2015015133
KLS : 6C
IDENTIFIKASI MASALAH
berdasarkan uraian singkat mengenai latar belakang masalah diatas, maka dapat diidentifikasi masalah yang muncul sebagai berikut :
1. kurangnya peran serta siswa dalam pembelajaran bahasa inggris karena penerapan metode yang kurang tepat.
2. ketidakmampuan siswa dalam memahami materi pembelajaran bahasa inggris karena penerapan metode yang membuat siswa mengalami kesulitan.
3. kurangnya penerapan metode pembelajaran yang bervariasi sehingga pembelajaran menjadi kurang menarik dan membosankan.
4. siswa yang memiliki kemampuan akademik rendah didalam kelas kurang diperhatikan.
FOKUS MASALAH
bagaimana meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar terutama dalam hal menjawab pertanyaan pada mata pelajaran bahasa inggris.
RUMUSAN MASALAH
"apakah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas III SD tahun pelajaran 2017/2018"?
JUDUL PENELITIAN
"pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar dan keaktifan dalam pembelajaran bahasa inggris siswa kelas III SD tahun pelajaran 2017/2018"
VARIABEL PENELITIAN
variabel bebas : model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD).
variabel terikat : hasil belajar dan keaktifan siswa.
Nama : Juliansyah
BalasHapusNIM : 2015015146
Kelas: 6D
A. Identifikasi Masalah
1.Kurangnya minat belajar siswa dalam belajar bahasa inggris
2.Kurangnya kepedulian guru terhadap minat belajar siswa
3.kurangnya kedekatan antara guru dan siswa
B. Fokus Masalah
Upaya meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran bahasa inggris di kelas III
C. Rumusan Masalah
1.Bagaimana cara meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran bahasa inggris ?
2.Bagaimana penggunaan metode langsung (Direct Method)dalam meningkatkan minat belajar siswa berbahasa inggris ?
D. Judul
"Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Dengan Menggunakan Metode Langsung (Direct Method) Di Kelas III SD"
E. Variabel Penelitian
Variabel Bebas: Metode pembelajaran langsung (Direct Method)
Variabel Terikat: Meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran bahasa inggris
Nama :Rahmi Nurul Awaliah
BalasHapusNIM :2015015113
Kelas :6C
A. Analisis Masalah
1. Siswa kurang aktif dalam menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru dengan Bahasa Inggris.
2. Siswa kurang mampu meningkatkan kepercayaan diri sehingga siswa hanya mampu mengimpletasikannya dalam tertulis.
3. Guru kurang menguasai kondisi dan keadaan siswanya
4. Metode yang digunakan guru kurang mampu menarik perhatian siswa untuk menyampaikan apa yang ada dipikirannya.
5. Hasil belajar yang rendah,karena siswa kurang memahami materi yang diajarkan oleh guru.
B. Fokus Masalah
meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pelajaran bahasa inggris kelas III
C. Rumusan Masalah
Apakah model pembelajaran role playing dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran b.inggris kelas III SD tahun Ajaran 2017/2018?
D. Judul Penelitian
Upaya meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas III SD 1 Salakan dalam pembelajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan model pembelajaran role playing pada Tahun pembelajaran 2017/2018
E. Variabel Penelitian
1. Variabel Terikat :meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa
2. Variabel Bebas: model role playing
Nama :Arung Putriyani
BalasHapusNIM :2015015093
Kelas:6C
A. Identifikasi Masalah
1. Siswa kurang aktif dalam menjawab pertanyaan guru dengan bahasa inggris pada saat pembelajaran pada mata pelajaran bahasa inggris.
2.kurangnya metode yang digunakan guru dalam mengajar.
B. Fokus Masalah
Meningkatkan minat dan keaktifan siswa didalam kelas saat mata pelajaran Bahasa Inggris SD Kelas III.
C. Rumusan Masalah
Bagaimana meningkatkan minat dan keaktifan siswa dalam kelas saat pembelajaran bahasa inggris SD kelas III?
D. Judul Penelitian
Upaya meningkatkan minat dan keaktifan Kelas III SD 1 Salakan dalam pembelajaran bahasa inggris dengan menggunakan model pembelajaran PAKEM pada tahun pembelajaran 2017/2018
E. Variabel Penelitian
1. Variabel Terikat :meningkatkan keaktifan
2. Variabel Bebas: model PAKEM
NAMA : ELFRIDA GUPITA EKA C
BalasHapusNIM : 2015015293
Kelas: 6D
A. Identifikasi masalah
1. Siswa tidak menguasai pembelajaran bahasa inggris.
2. Siswa kurang minat terhadap pembelajaran bahasa inggris.
3. Kurangnya inovatif pembelajaran dalam kegiatan mengajar di kelas
4. Guru kurang peduli terhadap siswa yang tidak aktif
5. Guru kurang peduli dalam pengajaran sehingga tidak meningkatkan pembelajaran yang lebih baik.
B. Fokus masalah
1. Upaya peningkatan keaktifan dan minat pembelajaran bahasa inggris di SD kelas III
C. Rumusan Masalah
1. Apakah pembelajaran dengan pendekatan Model PAKEM pada mata pelajaran Bahasa Inggris dapat meningkatkan keaktifan dan minat belajar siswa SD kelas III?
D. Judul Penelitian
“Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Minat Belajar melalui pendekatan Model PAKEM Mata Pelajaran Bahasa Inggris di SD Kelas III”
E. Variabel Penelitian
a. Variabel bebas : Pendekatan Model PAKEM.
b. Variabel terikat : Keaktifan dan minat belajar siswa.
Nama : Sa'ad Rizal Septiawan
BalasHapusNIM : 2015015126
Kelas : 6 C
Identifikasi masalah :
1. Kurangnya kemampuan siswa dalam berbahasa inggris
2. Guru menyelepekan siswa yg kurang aktif dalam pembelajaran
3. Siswa cenderung kurang suka terhadap pembelajaran bahasa inggris
Fokus Masalah :
Upaya meningkatkan kemampuan serta minat siswa dalam pembelajaran bahasa inggris
Rumusan masalah :
Bagaimana cara meningkatkan kemampuan serta minat siswa dalam pembelajaran bahasa inggris
Judul Penelitian :
untuk meningkatkan kemampuan serta minat siswa dalam pembelajaran bahasa inggris
Variabel Penelitian :
Variabel Bebas : Metode cooperative learning type jigsaw
Variabel Terikat : minat belajar dan adanya niat untuk belajar bahasa inggris
Nama : Marga Yudha
BalasHapusNim : 2015015104
Kelas : 6C
A. Identifikasi masalah
1. minat siswa kurang dalam mengikuti pelajaran bahasa inggis
2. Guru mengabaikan siswa yang mengalami kesulitan saat pembelajaran bahasa inggis
3. Guru kurang kreatif dalam mengajar sehingga siswa tidak merasa nyaman ketika melaksanakan kegiatan pembelajaran
4. Hasil tes siswa kurang memuaskan karena siswa kurang menguasai materi pembelajaran
B. Fokus masalah
Bagaimana meningkatkan minat belajar, keaktifan siswa dan hasil pembelajaran bahasa inggis kelas III Sekolah Dasar ?
C. Rumusan masalah
Apakah model pembelajaran KOOPERATIF dan metode pembelajaran Diskusi dapat meningkatkan minat belajar, keaktifan dan hasil belajar dalam pembelajaran bahasa inggris siswa kelas III SD?
D. Judul penelitian
Upaya meningkatkan minat belajar, keaktifan dan hasil pembelajaran siswa menggunakan model KOOPERATIF dan metode DISKUSI pada mata pelajaran bahasa inggris kelas III SD tahun 2017/2018
Variabel penelitian
Variabel terikat : model KOOPERATIF dan metode DISKUSI
Variabel bebas : meningkatkan minat belajar, keaktifan dan hasil belajar
Nama : Benedikta Herlina Seran
BalasHapusNim : 2015015135
Kelas : 6c
Dosen Pengampu: Trisniawati, M.Pd
FOKUS PERMASALAHAN PADA PTK
PERMASALAHAN I
Ibu Ami, guru bahasa inggris di SD dan mengajar di kelas III, mula-mula menjadi risau karena 5 dari 28 orang siswa yang mau menjawab dengan bahasa inggris jika guru mengajukan pertanyaan. Siswa lain selalu diam kalau ditanya atau berpura-pura tidak mendengar pertanyaan guru. Ibu Ami sering kesal dan melanjutkan pembelajaran tanpa menghiraukan anak-anak yang tidak mau menjawab tersebut. Jika tidak ada yang menjawab, ibu Ami biasanya meneruskan pembelajaran dengan meminta siswa membaca materi yang ada dalam buku pelajaran, kemudian menjawab pertanyaan yang ada di buku secara tertulis. Jawaban siswa diperiksa bersama-sama, sambil sekali memberi perhatian pada grammer, jika ada siswa yang salah menuliskan jawabannya. Dengan cara ini, Ibu Ami pun melupakan kerisauannya. Keadaan ini berlangsung sepanjang semester tanpa ada upaya perbaikan. Hasil tes bahasa inggris siswa sedang-sedang saja karena tes hanya pemahaman bacaan dang rammer. Namun, ketika ada tamu asing yang kebetulan berkunjung ke SD masuk ke kelas III, tidak seorangpun dari siswa berani menjawab pertanyaan tamu asing. Hal nini menyebabakan Ibu Ami di panggil oleh Kepala Sekolah, dan diminta untuk berupaya agar siswa mampu berbahasa inggris, meskipun yang paling sederhana. Kejadian ini membuat kerisauan yang dulu pernah muncul, dirasakan kembali oleh Ibu Ami.
Analisis indetifikasi dan focus masalah, rumusan masalah, judul penelitian, dan sebutkan variable-variabel penelitian pada permasalahan tersebut.
Identifikasi dan Fokus Masalah
Rendahnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran bahasa ingris dan motivasi belajar siswa kurang, sehingga dapat menyebabkan prestasi belajar siswa rendah..
Rendahnya kemampuan siswa mengajukan pertanyaan.
Rendahnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran bahasa inggris.
Rumusan Masalah.
Bagaimana cara untuk mengatasi rendahnya pembelajaran bahasa inggris bagi siswa kelas III
Upaya apa yang dilakukan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran bahasa inggris di kelas III
Apakah kemampuan guru dalam mengajar dapat ditingkatkan melalui pemberian bimbingan prorangan.
Judul Penelitian
UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SD KELAS III MELALUI PENDEKATAN METODE STAD.
Variabel-variabel
Rendahnya kualitas proses belajar mengajar.
Kemampuan berpikir kritis siswa rendah.
Rendahnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran
Nama : Tri Solikin
BalasHapusNim : 2015015130
Kelas : 6C
A. Identifikasi masalah
1. Kegiatan pembelajaran yang monoton dalam mata pelajaran Bahasa Inggris
2. Keaktifan siswa sangat minim dalam pembelajaran Bahasa Inggris
3. Guru menghiraukan siswa yang kurang aktif saat pembelajaran Bahasa Inggris
4. Hasil tes siswa tidak memiliki peningkatan yang siknifikan
5. Guru tidak melakukan pembelajaran yang interaktif dalam pelajaran Bahasa Inggris
B. Fokus masalah
Bagaimana cara menciptakan pembelajaran yang interaktif untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris kelas III SD?
C. Rumusan masalah
Apakah model pembelajaran Talking stick dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran bahasa inggris kelas III SD?
D. Judul penelitian
Upaya meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa menggunakan model Talking stick pada mata pelajaran bahasa inggris kelas III SD tahun ajaran 2017/2018
E. Variabel penelitian
Variabel terikat : meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa
Variabel bebas : model Talking stick
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusNama : Riyan Nur Pratama
BalasHapusNim : 2015015160
Kelas : 6D
A. Identifikasi Masalah
1. Kurangnya partisipasi siswa dalam menjawab pertanyaan dari guru pada pembelajaran bahasa Inggris.
2. Kurangnya inovasi guru dalam pembelajaran bahasa inggris.
3. Kurangnya hasil tes karena tes hanya pemahaman bacaan dan grammer.
B. Fokus Masalah
Bagaimana cara meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran bahasa inggris di SD Kelas III
C. Rumusan Masalah
1. Apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif learning tipe Think Pair Share pada pembelajaran Bahasa Inggris dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas III SD Y tahun ajaran 2017/2018.
Bagaimana implementasi model pembelajaran kooperatif learning tipe Think Pair Share pada pembelajaran Bahasa Inggris agar dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa Kelas III di SD Y tahun ajaran 2017/2018.
D. Judul Penelitian
Upaya meningkatkan keaktifan dan hasi belajar melalui model pembelajaran kooperatif learning tipe Think Pair Share pada mata pelajaran bahasa inggris kelas III di SD Y tahun ajaran 2017/2018.
E. Variabel-variabel penelitian
Variabel terikat : keaktifan dan hasil belajar
Variabel bebas : model pembelajaran Think Pair Share
Variabel control : mapel bahasa inggris kelas III di SD Y.